Radar Pendidikan

SD Muhammadiyah 02 Wuled Kekurangan Guru

BELAJAR – Suasana belajar siswa SD Muhammadiyah 02 Wuled.
EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN

SD Muh 02 Wuled

BELAJAR – Suasana belajar siswa SD Muhammadiyah 02 Wuled.
EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN

*Hanya Miliki 7 Guru

TIRTO – SD Muhammadiyah 02 Wuled mengaku kekurangan jumlah guru. Saat ini, sekolah ini hanya memiliki 7 orang guru yang diantaranya Kepala Sekolah.

“Ya kalau mau dikatakan kekurangan, kami merasa demikian terutama untuk guru laki-laki. Kami punya 5 guru perempuan dan 2 guru laki-laki,” ujar Wakil Kepala SD Muhammadiyah 02 Wuled, Riskiyanti SPd, kepada Radar Pekalongan.

Berbagai tugas tak jarang dilakukan secara rangkap oleh tiap-tiap guru. “Untuk guru olahraga, PAI, kemudian guru kelas idealnya harus nambah guru lagi,” tutur perempuan yang juga menjadi pengajar kelas VI SDM 02 Wuled ini.

Tak hanya rangkap mata pelajaran, pihaknya juga sempat mengeluhkan ketika ada event atau lomba tertentu. Minimnya pengajar laki-laki juga turut menjadi kendala di SD yang kini memiliki 98 siswa ini. “Misalnya kalau ada lomba dimana, atau ada acara sampai malam kadang kami bingung,” katanya.

Pihaknya telah rutin mendiskusikan permasalahan tersebut kepada pihak yayasan, namun segala kebijakan tentu diserahkan ke yayasan. “Sebenarnya ada yang berminat mendaftar untuk jadi guru disini, tapi seringnya perempuan dan untuk menerima juga kami harus menunggu keputusan yayasan,” ujar dia.

Kendati demikian, seluruh guru tetap berupaya semaksimal mungkin untuk menjalankan program kegiatan pendidikan di SD Muhammadiyah 02 Wuled ini. “Setiap ada event lomba, diusahakan kami selalu ikut. Alhamdulillah semangat anak-anak juga tinggi jadi bagaimanapun kondisinya kami tetap berusaha yang terbaik,” terangnya. Para guru juga mengungkap akan senantiasa mendukung para siswanya agar terus bersemangat dan berorientasi pada prestasi. (mg5)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments