Radar Kendal

LTSA-P2TKLN Permudah Calon TKI ke Luar Negeri

LTSA-P2TKLN Permudah Calon TKI ke LN

DILUNCURKAN – Kantor Layanan Terpadu Satu Atap Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri (LTSA-P2TKLN), diluncurkan, Rabu (11/4).
NUR KHOLID MS / RADAR PEKALONGAN

KENDAL – Kantor Layanan Terpadu Satu Atap Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri (LTSA-P2TKLN) di Dinas Tenaga Kerja Kendal, resmi diluncurkan, Rabu (11/4). Peluncuran dilakukan Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur. Kini, bagi calon tenaga kerja Indonesia (TKI) dari Kabupaten Kendal yang akan bekerja ke luar negeri (LN) semakin mudah dalam pengurusan dokumen dan persyaratannya. Pelayanan yang dilakukan di kantor tersebut adalah pelayanan dari Disdukcapil, Disnaker, Sarana Kesehatan dari RSUD dr Soewondo Kendal, Polres Kendal, BP3TKI, Imigrasi, BPJS Ketenagakerjaan dan Bank BNI.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja pada Disnaker Kendal, Kisnandar, mengatakan, karena masih baru, maka beberapa pelayanan belum bisa dilakukan sepenuhnya, namun hanya pendaftarannya saja, seperti untuk pengurusan paspor masih dilakukan di Semarang. Demikian pula pengurusan SKCK masih di Polres Kendal dan cek kesehatan masih di RSUD dr Soewondo. Sedangkan pelayanan lainnya sudah bisa dilakukan di kantor LTSA Kendal. “Karena masih baru launching, jadi belum semua pelayanan dilakukan di satu pintu ini,” kata dia.

Direktur Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri, Soes Hindharno mengatakan, untuk pengurusan paspor harus membutuhkan peralatan yang harganya mencapai 2 miliar, maka belum bisa dilakukan di LTSA Kendal. Ke depan diharapkan, semua pelayanan bisa dilakukan di satu atap. “Tahun ini belum ada penganggaran untuk memenuhi kebutuhan alat tersebut, karena harganya cukup mahal, baik oleh pusat maupun daerah. Namu ke depan diharapkan, semuanya bisa dilakukan di satu atap,” tandas dia. (nur)

Penulis: Nur Kholid Ms | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments