Radar Kendal

DLH Gelar Pengelolaan Sampah

DLH Gelar Pengelolaan Sampah

SOSIALISASI – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal adakan Sosialisasi Pengelolaan Sampah.
AKHMAD TAUFIK / RADAR PEKALONGAN

KENDAL – Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat membuang sampah secara bijaksana, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal mengadakan kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Tahun 2018 baru-baru ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kendal, Sri Purwanti, mengatakan bahwa kegiatan ini dananya bersumber dari bagi hasil penjualan cukai tembakau sehingga pesertanya berasal dari daerah penghasil tembakau seperti Gemuh, Ngampel dan lainnya. Menurutnya, meskipun daerah tersebut dapat pola membuang sampah sembarangan sangat sedikit namun perlu adanya edukasi agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Kami edukasi kepada para peserta agar mampu mengelola sampah dengan bijaksana supaya lingkungan tertata dengan baik, tidak ada sampah yang dibuang sembarangan. Harapan kami dengan adanya kegiatan ini masyarakat semakin sadar akan kebersihan lingkungannya,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu staf Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal Budi Bowo Leksono menambahkan, dalam acara tersebut menghadirkan beberapa narasumber mulai dari Baperlitbang, Bapermas, Peguyuban Pengelola Sampah, Camat dan lainnya. Pada intinya pesan yang disampaikan adalah masyarakat dan juga perangkat desa diajak agar mampu mengelola sampah secara mandiri dengan bijaksana.

“Kalau di-desa-kan ada Dana Desa maka harapan kami masyarakat dapat memanfaatkan sebagian dari Dana Desa untuk pengelolaan sampah karena kami selaku Dinas Lingkungan Hidup hanya mampu membuang sampah saja ke TPA sementara lahannya terbatas sehingga dalam hal ini perlu dukungan masyarakat untuk mengelola sampah secara mandiri,” harapnya. (fik)

Penulis: Akhmad Taufik | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments