Radar Kendal

KJS, 39 Warga Dapat Jaminan Sosial

KJS, 39 Warga Dapat Jaminan Sosial

PENDAMPINGAN – 39 warga di Kecamatan Gemuh mendapatkan Bansos jaminan sosial dari program Kartu Jawa Tengah Sejahtera (KJS).
NUR KHOLID MS / RADAR PEKALONGAN

GEMUH – Sebanyak 39 warga di berbagai desa di Kecamatan Gemuh, mendapatkan bantuan sosial (Bansos) berupa jaminan sosial dari program Kartu Jawa Tengah Sejahtera (KJS). Besaran bantuan yang diterima adalah Rp 250 ribu per bulannya.

Hal itu dibenarkan Roby Purnama, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Gemuh, Rabu (11/4). Kata dia, program KJS Bansos jaminan sosial ini dimulai dari verifikasi data akhir 2016, dan turun dipertengahan 2017.

“Penerimanya, eks psikotik, cacat berat, penyandang penyakit kronis yang non pontensial dari keluarga tidak mampu dan belum tersentuh program/layanan dari pemerintah pusat dan daerah,” kata dia.

Camat Gemuh Muhamad Fatoni membenarkan ada 39 warga di Kecamatan Gemuh yang mendapatkan Bansos jaminan sosial dari program KJS tersebut. Dari program tersebut Kabupaten Kendal mendapatkan kuota 730 penerima yang tersebar di 20 kecamatan. Program Bansos jaminan sosial program KJS ini melibatkan TKSK dari mulai verifikasi faktual penerima, sosialisasi dan pendampingan.

“Di program KJS, TKSK lakukan pendampingan di lapangan sehingga warga yang belum tersentuh lainya dari pemerintah bisa merasakannya dan meringankan bebanya,” kata dia.

Camat Fatoni mengungkapkan, yang paling membanggakan bahwa TKSK Kabupaten Kendal menjadi salah satu penerima penghargaan karena prestasi penyerapan dengan capaian lebih 90 dari persen atas komitmen dan upaya optimal dalam membantu sesama.

“Penghargaan itu diberikan TKSK Kendal bersama dengan TKSK dari Kabupaten/Kota lainya karena mampu menyerap program tersebut. Acaranya berupa pemberian penghargaan atas program KJS pemerintah Provinsi Jawa Tengah,” imbuh dia. (nur)

Penulis: Nur Kholid Ms | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments