Radar Pendidikan

Liburan, Ikuti Pesantren Intensif

MTs-MA Mahad At Thohiriyah

BELAJAR – Siswa MTs dan MA Mahir kelas 1 dan 2 menjalani program pesantren intensif, Rabu (11/4).
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

*MTs – MA Ma’had At Thohiriyah

WATUSALAM – Siswa kelas 1 dan 2 Madrasah Tsanawiyah (MTs) – Madrasah Aliyah (MA) Ma’had At Thohiriyah (Mahir) mengisi liburan dengan mengikuti Program Pesantren Intensif. Siswa diajak untuk mukim di pesantren selama mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini berkaitan dengan pelaksanaan rangkaian ujian yang dijalani oleh siswa kelas 3.

Ketua Yayasan Salafiyah Abu Nawar, Ilyas Yusuf menuturkan, dalam kegiatan ini siswa diberikan pendidikan pesantren secara intensif dengan kurikulum yang telah dirancang oleh dewan guru. Siswa MTs Mahir mengikuti program ini pada 2-26 April, sedangkan siswa MA Mahir melaksanakan program ini pada 26 Maret – 24 April.

“Berkaitan dengan penyelenggaraan UAMBN, USBN, dan UN, kami mewajibkan siswa yang laju atau yang tidak tinggal di Ponpes Mahir untuk bermukim di pesantren, baik MTs maupun MA,” ujarnya kepada Radar, Rabu (11/4).

Dijelaskan, program ini bertujuan untuk mengisi waktu liburan dengan mengaji dan beribadah serta menambah wawasan ilmu agama bagi siswa. Selain itu, program ini juga mempererat keakraban antar siswa dan guru serta menanamkan karakter santri kepada siswa.

Selama mengikuti program ini, siswa akan diberikan beberapa materi pesantren, diantaranya sorogan dan bandongan. Siswa juga wajib menjalankan peraturan dan kegiatan yang telah ditetapkan diantaranya sholat berjamaah, sholat tahajud, sholat dhuha, puasa Senin-Kamis, muhadhoroh dan khitobah, serta mujahadah dan istighosah.

“Di program ini, siswa juga kami ajarkan untuk melakukan hal-hal yang biasa dilakukan di pesantren, seperti membaca Alquran, Rotib Kubro, Sholawat Nariyah, Manaqib, dan Marhabanan,” lanjut Ilyas, sapaan akrabnya.

Melalui program ini, Ilyas berharap siswa bisa memiliki karakter dan pondasi dasar keislaman, keimanan dan keihsanan yang cukup, sehingga menjadi bekal bagi kehidupan mereka baik di dunia maupun di akhirat. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments