Radar Pendidikan

PPL, Bangkitkan Motivasi Belajar Siswa SD Muhammadiyah Paesan

SD Muhammadiyah Paesan

BELAJAR – Siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Paesan belajar praktik langsung di kantor BMKG, Selasa (10/4).
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

KEDUNGWUNI – Untuk membangkitkan motivasi belajar siswa, SD Muhammadiyah menggelar kegiatan Pembelajaran Praktik Langsung (PPL) pada Selasa (11/4). Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 3 yang berjumlah 59 anak, terdiri dari 26 putra dan 33 putri. Dalam kegiatan ini, siswa diajak berkunjungan ke kantor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Museum Kereta Api Ambarawa Semarang.

Kepala SD Muhammadiyah Paesan, Abdul Basit Amin, menuturkan PPL merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap tahun pada semester dua. PPL kali ini mengangkat tema Alam Indonesiaku. Tanpa didampingi orang tua, siswa ke lokasi tujuan bersama empat guru pendamping dengan menggunakan bus.

“Kegiatan ini merupakan inovasi kegiatan belajar mengajar. Kami ingin memberikan wawasan kepada siswa, secara materi dan pengalaman. Kami juga ingin membangkitkan motivasi belajar siswa serta melatih kemandirian,” ujarnya kepada Radar, Rabu (11/4).

Dijelaskan, lokasi pertama yang dikunjungi adalah Kantor BMKG. Di sana, siswa diberikan pemaparan materi serta diajak untuk berkeliling mengamati alat-alat yang digunakan oleh petugas BMKG. Di Museum Kereta Api Ambarawa siswa juga berkesempatan untuk mengamati perkembangan alat transportasi khususnya kereta api.

“Di sana siswa bisa berdialog dengan petugas, baik di kantor BMKG maupun Museum Kereta Api, sehingga mereka lebih berkembang. Kemudian kami juga mengadakan permainan outbond untuk mengaplikasikan kerja sama dan sikap bersatu,” jelas Basit, sapaan akrabnya.

Melalui kegiatan ini, Basit berharap siswa mendapatkan tambahan wawasan, pengetahuan, dan pengalaman yang berguna bagi pengembangan diri mereka masing-masing.

“Mudah-mudahan kegiatan dapat menumbuhkembangkan minat siswa dalam belajar, melalui pengamatan langsung, percobaan, dan permainan outbound, serta menjadi pribadi yang mandiri untuk ke depan,” pungkasnya. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments