Radar Pendidikan

KKG Paket, Optimalkan Peran Guru

KKG Paket, Optimalkan Peran Guru

MUSYAWARAH – Kegiatan Musyawarah KKG Paket Kecamatan Lebakbarang, Sabtu (07/04).
EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN

LEBAKBARANG – Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Lebakbarang yang tergabung dalam Gugus RA. Kartini dan Gugus Dr. Soetomo, menggelar kegiatan KKG Paket yang dilangsungkan di SD Negeri 02 Lebakbarang, Sabtu (07/04).

Dalam kegiatan hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pekalongan, Hj Sumarwati SPd MAP, dalam acara yang digelar sejak pukul 10.00 hingga pukul 13.00 WIB ini.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dindikbud Kabupaten Pekalongan, sekaligus hadir sebagai pemateri terkaitan sosialisasi kebijakan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan. Penguatan tugas dan fungsi guru sebagai ujung tombak dunia pendidikan menjadi salah satu topik yang disampaikan oleh Hj Sumarwati di depan para peserta yang terdiri dari 2 orang Pengawas SD Kecamatan Lebakbarang, 16 Kepala Sekolah, 96 Guru Kelas, 10 Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), dan 6 Guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga (Penjasorkes).

“KKG ini sebagai salah satu tempat dan wahana untuk meningkatkan kapasitas Pemerintah Kabupaten Pekalongan dalam peningkatan profesionalisme guru di wilayah Kecamatan Lebakbarang,” ujar Bu Sumarwati, sapaan akrabnya. Menurutnya, guru harus mempuyai 4 kompentensi dasar yang harus senantiasa melekat yakni kompetensi pendidikan, kepribadian, profesional dan sosial.

Menurut penuturan Ketua Gugus RA. Kartini, Untung Prasetyo SPd, kegiatan ini beriringan dengan upaya terwujudnya pendidikan dan pelatihan yang efektif, efesien untuk peningkatan kompetensi dan kinerja anggota KKG se Kecamatan Lebakbarang. Tak hanya itu, kegiatan KKG juga diharapkan mampu meningkatkan tumbuh berkembangnya aktifitas dan peran serta anggota KKG dalam rangka pelaksanaan pendidikan berkelanjutan sesuai prinsip belajar sepanjang hayat (long life education).

Sesuai dengan hasil musyawarah dalam forum KKG, kegiatan KKG Paket akan terus berlanjut dan rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu untuk mengoptimalkan kegiatan pendidikan SD di Kecamatan Lebakbarang. “Untuk kegiatan KKG Paket memang sudah kami rencanakan sejak Februari lalu. Untuk pelaksanaanya kami mulai dari tanggal 24 Februari 2018 kemarin dan akan berakhir 21 April 2018 nanti,” ujar pria yang juga merupakan Guru di SD Negeri 04 Sidomulyo ini.

Pihaknya berharap, semangat para pendidikan dapat terus ditingkatkan sehingga akan memberi pengaruh positif terhadap para peserta didik. “Seperti materi yang disampaikan Bu Sumarwati, melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan atau memperkuat pencitraan publik bahwa guru merupakan sebuah profesi yang kompatibel sejajar dengan profesi-profesi yang lain,” pungkasnya. (mg5)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments