Radar Batang

Distribusi TIK UNBK Mundur 4 Hari

Perangkat lab IPA

SERAH TERIMA – Kasie Sarpras SMP, Thohari, menyerahkan bantuan perangkat lab IPA dari DAK 2018 untuk SMPN 1 Kandeman, baru-baru ini. Untuk TIK UNBK dijadwalkan Kamis hari ini.
AKHMAD SAEFUDIN

Hari Ini Paket Bisa Diambil Sekolah

Distribusi perangkat Teknologi Informatika dan Komputer (TIK) untuk kepentingan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP yang sedianya tiba di sekolah pada Sabtu (7/4) lalu terpaksa diundur dan baru dijadwalkan pengrimannya dari Jakarta Rabu (11/4) sore kemarin. Namun keterlambatan pengiriman dianggap masih dalam batas toleransi yang disepakati dalam dokumen kontrak.

“Karena pertimbangan waktu, CV Aksiku Jakarta selaku penyedia jasa memang sempat kita deadline pengiriman maksimal tanggal 10 April. Mereka menerima, bahkan menyanggupi distribusi barang pada Sabtu lalu. Tetapi karena ada kebutuhan teknis, pengirimannya diundur, sore nanti (kemarin) paketnya diberangkatkan dari Jakarta,” kata Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) paket pengadaan TIK UNBK, Ahmad Thohari, Rabu (11/4).

Pada 10 April kemarin, terang dia, sedianya perangkat TIK akan dikirim bersama paket peralatan lab SMP yang juga bersumber dari DAK. Namun pelaksana memutuskan untuk mengirimkan paket lab lebih dulu, karena mereka harus menginstalasi dulu seluruh perangkat TIK yang akan difungsikan untuk pelaksanaan UNBK tersebut.

“Kontraknya 15 hari, terhitung 29 Maret sampai 12 April besok. Jadi sesuai kontrak sebetulnya bukan keterlambatan, kemarin itu sifatnya hanya kesepakatan lisan saja. Yang terpenting, ketika sampai sekolah perangkatnya sudah siap digunakan,” ujar Thohari.

Karena paketnya dikirimkan dari Jakarta sore kemarin, maka ditargetkan sampai Kantor Disdikbud Batang pada Kamis hari ini. Menurut Thohari, pihaknya juga telah menginformasikan 8 SMP penerima bantuan untuk bisa mengambil paketnya hari ini.

“Belajar dari pengalaman Subah, kita minta pihak sekolah yang ambil sendiri barangnya agar tak hilang. Mereka kan yang tahu di mana menempatkannya, keamanannya dan lainnya,” ucapnya.

Seperti diketahui, tahun ini DAK Pendidikan mengalokasikan bantuan TIK untuk 4 sekolah, yakni SMPN 1 Gringsing, SMPN 1 Warungasem, serta SMPN 1 dan SMPN 2 Batang senilai Rp 263,5 juta/sekolah. Dengan pagu sebesar itu, tiap sekolah akan mendapatkan paket mencakup item seperangkat server, 22 unit laptop, 1swicth hard driver, 1 unit wireless router, 1 UBS server, printer, proyektor, screen proyektor, headset, kabel jaringan/LAN, dan connector.

Sementara dari APBD, juga ada 4 sekolah yang menerima bantuan TIK UNBK, yakni SMPN 1 Tulis, SMPN 1 Reban, SMPN 1 Tersono, dan SMPN 2 Limpung dengan pagu Rp 275 juta/sekolah. Adapun paketnya memuat 1 server, 25 unit laptop, 1 swicth hard river, UBS server, kabel LAN, dan mouse. Perbedaannya yakni pada jumlah unit laptop yang lebih banyak.

“Nanti tanggal 20 April akan disinkronisasi agar pas pelaksanaan UNBK 23 April benar-benar sudah fix. Kita berharap tidak ada keterlambatan, sehingga tak perlu ada denda untuk penyedia jasa,” pungkasnya. (sef)

Penulis: Akhmad Saefudin & Redaktur: Dony Widyo

Facebook Comments