Nasional

Waspada! Pelaku Skimming ATM Telah Beraksi di Pekalongan

Pelaku Skimming ATM Telah Beraksi di Pekalongan-tips*Pernah Transaksi di ATM, Diminta Cek Buku Tabungan

PEKALONGAN – Nasabah perbankan yang biasa melakukan transaksi menggunakan kartu ATM atau kartu debit di mesin ATM di wilayah Kota Pekalongan harus waspada.

Sebab, aparat kepolisian mensinyalir bahwa pelaku kejahatan perbankan dengan modus pencurian data (skimming) ATM nasabah sudah beraksi di sejumlah daerah, termasuk di Kota Pekalongan. Pelaku disinyalir sudah melakukan skimming ATM di beberapa gerai ATM di Kota Pekalongan.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu pun langsung mengeluarkan imbauan kepada masyarakat, khususnya warga Kota Pekalongan, agar berhati-hati dan mengecek secara berkala rekening tabungannya.

“Kami telah ada menangkap tersangka yang sudah melakukan tindak pidana di pembobolan rekening bank nasabah lewat pencurian data atau skimming. TKP ada di ATM di Kota Pekalongan. Jadi kalau ada masyarakat yang pernah mengambil uang di ATM di seluruh Kota Pekalongan agar mengecek buku tabungannya, dikhawatirkan dana dalam tabungan berkurang tanpa dipergunakan pemilik,” imbau Kapolres, Selasa (10/4).

“Apalagi orang-orang yang biasa bertransaksi dalam jumlah banyak, kalau tidak sering-sering mengecek saldo tabungannya nanti tidak sadar kalau rekening tabungannya sudah dibobol oleh seseorang yang bukan pemilik rekening tabungan tersebut,” sambung dia.

Pelaku Skimming ATM Telah Beraksi di Pekalongan

MENGECEK – Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu saat mengecek kondisi salah satu mesin ATM di depan mapolres setempat, Selasa (10/4) sore.
WAHYU HIDAYAT / RADAR PEKALONGAN

Kapolres menambahkan, sudah ada laporan beberapa orang yang menjadi korban skimming ATM di Kota Pekalongan. Laporan ini dijadikan dasar jajaran Polres Pekalongan Kota untuk berkoordinasi dengan jajaran kepolisian di daerah lain karena diduga pelaku telah beraksi di berbagai daerah, termasuk di Kota Pekalongan.

AKBP Ferry juga mengungkapkan saat ini telah ada tiga pelaku yang ditangkap pihak kepolisian. Para pelaku tersebut sudah diamankan polisi di wilayah lain, dan rencananya akan dibawa ke Polres Pekalongan Kota guna pengembangan kasus dengan TKP Kota Pekalongan.

Hanya saja, Kapolres belum bisa menjelaskan korban skimming yang sudah melapor itu adalah nasabah bank apa saja. Informasi lebih detailnya baru bisa disampaikan setelah para pelaku diperiksa lebih lanjut di Polres Pekalongan Kota.

“Kita belum bisa pastikan bank apa saja, sebelum mereka (para pelaku, red) kita datangkan ke sini,” ujarnya. (way)

Penulis: Wahyu Hidayat | Radar Pekalongan
Redaktur: Doni Widyo

Facebook Comments