Radar Pendidikan

Tugas Guru Mendidik dan Mengajar

Yulianto SPd, Kepala SMK Maarif NU Kajen

Yulianto SPd, Kepala SMK Maarif NU Kajen

KAJEN – Tugas guru ada dua, yakni mendidik dan mengajar. Mendidik berkaitan dengan pendidikan tingkah laku dan etika, sedangkan mengajar berhubungan dengan memberikan pengajaran materi ilmu pengetahuan.

Dua prinsip inilah yang senantiasa dipegang teguh Kepala SMK Maarif NU Kajen, Yulianto SPd, ketika menjadi seorang guru sejak 2003 silam. Menurut Yulianto, jabatan sebagai kepala sekolah adalah tugas tambahan, sedangkan tugas utamanya adalah menjadi guru.

“Kepala sekolah adalah tugas tambahan, tugas utama adalah mendidik dan mengajar. Mendidik berarti secara attitude juga sudah termasuk dan sebagai pengajar berarti kita memberikan materi dengan baik,” ujarnya kepada Radar, Minggu (8/4).

Pria asli Gejlig Kajen ini menjadi Kepala SMK Maarif NU Kajen sejak 9 September 2017. Dalam mengelola sekolah Yulianto selalu mengedepankan kedisiplinan. Menurutnya, kedisiplinan penting bagi siswa karena itu menjadi modal utama ketika siswa terjun ke dunia kerja.

“Segala sesuatunya berawal dari kedisiplinan. Tidak hanya guru, kami juga selalu mengajarkan kedisiplinan kepada siswa, karena itu penting dalam dunia kerja yang akan mereka geluti ke depan,” lanjutnya.

Dijelaskan, SMK yang telah berdiri sejak 2003 ini memiliki tiga jurusan, yaitu Akuntansi, Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Perbaikan Bodi Otomotif (TPBO). Yulianto berencana untuk membuka jurusan baru pada tahun ajaran 2018/2019, yakni multimedia. Selain itu, pada tahun ajaran mendatang SMK Maarif NU Kajen akan membuka sembilan untuk empat jurusan tersebut.

“Karena tuntutan dari pemerintah bahwa SMK harus mempunyai lima jurusan, insyaallah untuk tahun ajaran depan kami akan menambah satu jurusan, yaitu multimedia. Siswa kelas XII yang berjumlah 251 anak akan lulus dan digantikan dengan siswa baru. Kami berencana untuk membuka sembilan kelas,” tandasnya. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments