Radar Batang

Wajah Perbatasan Kota Bakal Dipercantik

Wajah Perbatasan

KUNJUNGI – Bupati Batang didampingi Kepala Dinas Perkim dan Kabag Humas Setda berdialog dengan beberapa siswi SMA saat melakukan kunjungan ke lokasi lapangan Dracik Kampus.
M Dhia Thufail

Pemkab Batang Anggarkan 5 Milyar

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang dalam waktu dekat akan melakukan penataan pada wajah perbatasan kota dan mempercantik wajah kota.

“Saya sudah melihat taman kota dan perbatasan kota bersama Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman (Perkim) untuk menata wajah kota. Karena tahun ini merupakan tahun penataan kota, oleh karenanya saya ingin wajah kota Batang bisa lebih bagus lagi,” ungkap Bupati Batang Wihaji saat menilai Ruang Terbuka Hijau di Lapangan Dracik Kampus, Senin (9/4).

Ia mengatakan, bahwa dalam penataannya akan ada perubahan baru untuk wajah kota yang dimulai dari perbatasan antara Kota Pekalongan-Batang, dan Batang–Kendal.

Untuk itu, rencana tersebut harus direncanakan secara matang. Tujuannya agar nantinya dalam perubahan yang dilakukan ada suatu pertanda yang baru, dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Harus ada pertanda baru yang bagus untuk perbatasan yang juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, nantinya bisa digunakan untuk berswa foto atau tempat spot-spot selfi,” terangnya.

Bupati menjelaskan, bahwa semakin padatnya penduduk akan mengurangi luasan ruang terbuka hijau. Oleh karena itu, pihaknya berharap Kepada Dinas Perkim untuk memprioritaskan penambahan ruang terbuka hijau atau taman kota di tahun 2019.

“Tahun 2019 kita akan prioritaskan penambahan Taman Kota atau Ruang Terbuka Hijau (RTH), sebagai simbol dari penataan wajah kota. Hal ini agar ada sesuatu yang baru dan bermanfaat serta dapat dinikmati oleh masyarakat sebagai paru – parunya kota,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim Kabupaten Batang Ari Yudayanto mengatakan, untuk merealisasikan rencana penataan itu, pihaknya telah menyiapkan anggaran dana sebesar Rp 5 miliar. Anggaran tersebut berasal dari bantuan pemerintah pusat.

“Untuk lokasi penambahan RTH, Pemkab telah menyediakan lokasinya dan sudah clean and clear perencanaannya. Yang lokasinya terletak di Dukuh Kadilngu Kelurahan Kauman atau depan Pabrik Teh,” kata Ari.

Akan tetapi, lanjutnya, lokasi yang akan digunakan sebagai taman kota tersebut masih berdiri beberapa bangunan, seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan tempat tinggal untuk berjualan warga sekitar. Namun pihaknya akan segera mencarikan solusi atas kendala tersebut.

“Dalam waktu yang tidak terlalu lama di tahun 2018 akan kami carikan solusi, seperti PAUD rencananya akan digeser, tapi yang dipakai pemukiman atau tempat tinggal akan dicarikan solusi, walaupun aset Pemda tapi kita akan tetap manusiawi,” jelasnya.

Ditambahkan, untuk sementara, RTH yang ada di Kabupaten Batang saat ini terdapat di tiga titik yaitu Alun – Alun, Hutan Kota Rajawali, Lapangan bola Dracik dan rencananya akan ada penambahan dua RTH lagi. (fel)

Penulis: M. Dhia Thufail & Redaktur: Dony Widyo

Facebook Comments