Radar Kajen

Bupati Pekalongan Angkat Panorama Kebun Teh Kaliboja

Kebun Teh Kaliboja

POTENSI – Keindahan alam kebun teh Pagilaran Desa Kaliboja di Kecamatan Paninggaran menginpirasi Bupati Pekalongan H Asip Kholbihi untuk mengembangkannya sebagai destinasi wisata ngeteh.
TRIYONO

PENINGGARAN – Bupati Pekalongan KH Asip Kholbihi berencana untuk mengangkat Potensi kebun teh di Desa Kaliboja, Kecamatan Paninggaran. Itu dilakukan karena Kebun Teh Pagilaran dan sekitarnya memiliki panorama yang indah. Dengan udara masih sejuk dibalut pemandangan eksotis pegunungan yang berkabut, keindahan hamparan kebun teh Kaliboja cukup mempesona.

Keindahan alam kebun teh Kaliboja tersebut mematik isnpirasi Bupati Pekalongan Asip Kholbihi untuk mengembangkan kawasan itu sebagai salah satu destinasi wisata alam di Kabupaten Pekalongan. Asip menyebutnya dengan destinasi ngeteh Pagilaran Kaliboja.

“Saya melihat ada potensi yang harus dikembangkan, dikelola secara baik untuk menghapus kemiskinan dan memperkaya masyarakat, yakni dengan menjadikan Pagilaran Kaliboja ini sebagai destinasi ngeteh,” kata Bupati.

Untuk merintis ke arah itu, Bupati berencana mendorong seluruh aparatur sipil negara (ASN) di Pemkab Pekalongan untuk menikmati keindahan alam kebun teh sembari menikmati teh di wilayah itu. Langkah ini terbukti mampu mengangkat destinasi wisata di Kecamatan Petungkriyono.

“Kita memiliki 9 ribu lebih ASN. Jika semuanya bisa datang ke sini bersama keluarganya, maka bisa menikmati keindahan alam sambil tentunya minum teh. Upaya seperti ini juga sudah kita lakukan saat mengembangkan Petungkriyono,” ungkapnya.

Niatan Bupati untuk mengembangkan kebun teh Pagilaran Kaliboja sebagai destinasi ngeteh disambut hangat masyarakat setempat. Kepala Desa Tenogo, Kecamatan Paninggaran, Agus Susilo, menyambut baik inspirasi dari Bupati tersebut. Menurutnya, selain keindahan alamnya, kondisi infrastruktur utama jalan provinsi Kabupaten Pekalongan – Banjarnegara yang menembus hamparan kebun teh tersebut juga bagus.

“Semoga keinginan Bapak Bupati ini bisa ditangkap dan direalisasikan,” katanya.

Di jalur Kajen – Banjarnegara, lanjut dia, juga sudah ada spot-spot tempat wisata seperti obyek wisata Linggoasri dan Kali Paingan. Didukung dengan produk unggulan Kecamatan Paninggaran seperti buah manggis, kerupuk usek, dan lainnya, maka pengembangan pariwisata di wilayah atas tersebut diharapkan akan mampu memacu pertumbuhan perekonomian di daerah tersebut. Sehingga, harapannya tingkat kesejahteraan masyarakatnya bisa menjadi lebih baik. (yon)

Penulis: Triyono & Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments