Radar Kendal

Tari Srandul Bakal Dipentaskan di TMII

Tari Srandul Bakal Dipentaskan

JUMPA PERS – Pemkab Kendal jumpa pers pementasan Duta Seni Kabupaten Kendal di TMII Jakarta.
NUR KHOLID MS / RADAR PEKALONGAN

TARI Srandul, tari khas Kabupaten Kendal dari daerah atas dalam waktu dekat bakal dipentaskan di Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Tari tersebut akan dipentaskan dengan judul “Misteri Kiai Kendi Wesi” yang disutradarai oleh Sony Wisnu Murti, penggiat seni dan budaya Dewan Kesenian Kendal. Kemudian ada pameran UMKM. Tujuannya mempromosikan berbagai potensi daerah dan sekaligus membangkitkan kembali seni budaya yang hampir punah.

“Pentas tari Srandul akan dipadu dengan kesenian modern yang dikemas Dinas Disdikbud Kendal,” kata Moh Toha, Sekda Kendal, saat jumpa pers dengan topik pementasan Duta Seni Kabupaten Kendal di TMII Jakarta, di ruang OR Setda Kendal, Senin (9/4).

Ketua Dewan Kesenian Kendal Kiswanto mengatakan, Srandul merupakan jenis pertunjukkan yang digelar dalam berbagai kesempatan upacara tradisi dan sudah sangat jarang dimainkan. Kesenian ini bisa dijumpai di Kendal wilayah atas. Yakni Kecamatan Limbangan dan Singorojo.

“Seiring berjalannya waktu para pemeran semakin bertambah tua dan kalah dengan kesenian modern,” kata dia.

Hala senada diungkapkan Sutradara tari Srandul, Sony Wisnu Murti. Kata dia, Srandul asal kata dari sarananing njedul, artinya sarana yang digunakan agar sesuatu yang dikehendaki muncul dan diketahui banyak orang. “Srandul menampilkan ciri khas obor dalam pertunjukannya dengan dialog antara pemain dan pengrawit musik pengiring,” kata dia. (nur)

Penulis: Nur Kholid Ms | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments