Radar Pendidikan

270 Siswa SD/MI Ikuti Try Out Bersama

270 Siswa SD MI Ikuti Try Out Bersama

IKUT – Siswa SD/MI mengikuti try out bersama yang digelar oleh SMP Muhammadiyah Pekajangan, Sabtu (7/4).
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

*SMP Muhammadiyah Pekajangan

PEKAJANGAN – Sebanyak 270 siswa SD/MI mengikuti kegiatan try out bersama yang selenggarakan oleh SMP Muhammadiyah Pekajangan pada Sabtu, (7/4). Ada dua mata pelajaran yang diujicobakan dalam try out ini, yakni matematik dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kedua mata pelajaran tersebut dibagi ke dalam dua sesi dengan jeda istirahat 15 menit.

Kepala SMP Muhammadiyah Pekajangan, Ahmad Rizano, menuturkan kegitan ini bertujuan untuk melatih siswa SD/MI dalam persiapan mengikuti ujian sekolah serta meningkatkan daya kemampuan siswa untuk bersaing dan meraih prestasi secara jujur.

“Alhamdulillah try out bersama SD/MI yang diikuti oleh 270 peserta berjalan dengan lancar dan sukses. Melalui kegiatan ini kami ingin memberikan simulasi kondisi ujian sekolah yang nanti akan dijaga oleh bapak ibu guru yang bukan dari sekolahnya, sehingga memberikan penguatan mental kepada mereka,” ujarnya kepada Radar, Senin (9/4).

Disebutkan, ada 13 sekolah yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, diantaranya SD Muhammadiyah 01 Pekajangan, SD Muhammadiyah 02 Pekajangan, SD Muhammadiyah 03 Pekajangan, SD Muhammadiyah 04 Pekajangan, SD Muhammadiyah Tangkil Tengah, SD Muhammadiyah 01 Wuled, SD Muhammadiyah 02 Wuled, SD Muhammadiyah Ambokembang, SD Muhammadiyah Paesan, SDN Ambokembang, SDN Pekajangan, SDN Tangkil, dan MI Pekajangan.

Rizano, sapaan akrabnya, mengungkapkan selain pelaksanaan try out kegiatan juga dimeriahkan dengan pementasan tim ekstrakurikuler SMP Muhammadiyah Pekajangan, diantaranya solo vokal, panahan, dan tapak suci. Siswa SD/MI yang datang juga berkesempatan untuk mengikuti latihan panahan yang dibantu Tim Archery Spemka dan latihan solo vokal.

Melalui kegiatan ini, Rizano berharap siswa SD/MI menjadi lebih mantap untuk menghadapi ujian sekolah karena telah diberikan persiapan dan penguatan mental yang baik. Dari kegiatan try out bersama ini, sepuluh siswa berprestasi dengan nilai terbaik peringkat 1-10 mendapatkan apresiasi berupa hadiah uang pembinaan dan beasiswa prestasi selama satu tahun di SMP Muhammadiyah Pekajangan.

“Mudah-mudahan mereka lebih mantap dan yakin dalam menghadapi ujian sekolah nanti. Hadiah yang kami berikan diharapkan dapat memotivasi siswa-siswi untuk lebih berprestasi. Dan secara lembaga, SMP Muhammadiyah Pekajangan akan semakin dikenal oleh siswa-siswi SD/MI dengan ragam kegiatannya,” pungkasnya. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments