Radar Batang

Bung Ramson Serahkan Alat Pendeteksi Ikan Bagi Nelayan

Bung Ramson Serahkan Alat Pendeteksi Ikan Bagi Nelayan-menyerahkan

MENYERAHKAN – Anggota Komisi VII DPR RI Jateng X, Bung Ramson secara simbolis menyerahkan sejumlah bantuan alat pendeteksi ikan kepada perwakilan nelayan di Kelurahan Karang Asem Utara Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Sabtu (7/4).
TRIYONO / RADAR PEKALONGAN

*Untuk Meningkatkan Hasil Tangkapan dan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir

BATANG – Dalam meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat wilayah pesisir Kabupaten Batang, anggota Komisi VII DPR RI Jateng X, Bung Ramson menyerahkan bantuan alat pendeteksi ikan (FishFinder) bagi nelayan. Penyerahan bantuan dilaksanakan dalam acara sosialisasi dan pelatihan Penggunaan Teknologi Fishfinder Kelurahan Karang Asem Utara, Kecamatan/ Kabupaten Batang, Sabtu (7/4).

Adapun alat Pendeteksi Ikan berfungsi untuk mengetahui keberadaan ikan yang manfaat bagi nelayan jelas sangatlah banyak. Melalui alat pendeteksi ikan maka nelayan mampu menghemat biaya produksi bahan bakar, kemudian keberadaaan ikan bisa di ketahui tanpa nelayan harus berputar putar membuang waktu percuma.

Selain itu, nelayan bisa memperkirakan akan waktu penangkapan ikan di laut dengan menggunakan alat deteksi ikan di laut. Untuk itu, sebagai bentuk kepedulian sekaligus meningkatkan kesejahteraan terhadap masyarakat pesisir yang berprofesi nelayan, anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Gerindra, Bung Ramson memperjuangkan alat pendeteksi keberaadaan ikan di laut. Alat tersebut merupakan hasil teknologi mitra kerja Komisi VII, yaitu BPPT.

Anggota Komisi VII DPR RI Jateng X Fraksi Gerindra, Bung Ramson menyatakan sebagai wakil rakyat maka dirinya harus datang dan bertemu dengan saudara seperjuangan di Karang Asem Utara Kecamatan/ Kabupaten Batang.

Bung Ramson Serahkan Alat Pendeteksi Ikan Bagi Nelayan-antusias

ANTUSIAS – Kedatangan anggota Komisi VII DPR RI Jateng X, Bung Ramson disambut antusias ketika acara penyerahan dan sosialisasi dan pelatihan penggunaan teknologi Fishfinder di Kelurahan Karang Asem, Kecamatan/ Kabupaten Batang, Sabtu (7/4).
TRIYONO / RADAR PEKALONGAN

“Kali ini saya hadir untuk bertemu khususnya para nelayan di Kabupaten Batang, kemudian kami juga mengadakan sosialisasi dan pelatihan sekaligus menyerahkan bantuan teknologi Fishfinder atau alat pemantau ikan. Melalui alat ini maka nelayan lebih mudah menemukan ikan yang tepat untuk ditangkap, lebih efektif pula, sehingga hasil tangkapan meningkat dan nelayan pun akan lebih sejahtera,” terangnya.

Meskipun dalam kegiatan tersebut alat yang diberikan masih terbatas, namun Bung Ramson optimis untuk berupaya memperbanyak bantuan alat tersebut. Dengan bantuan Fishfinder yang lebih besar, karena kali ini akan diujicoba di Lapangan selama beberapa bulan oleh para nelayan.

“Mudah -mudahan dengan alat pendeteksi ikan ini tangkapan terus bertambah. Sehingga saya juga akan memperjuangkan lagi, yang penting untuk kepentingan saudara saya di Batang, Kabupaten/ Kota Pekalongan dan Pemalang terpenuhi,” lanjut Bung Ramson.

Dalam meningkatkan kesejahteraan bagi nelayan, kata Bung Ramson, dirinya juga akan memperjuangkan mesin alat konverter dari BBM ke BBG bagi nelayan Batang. Dengandemikian biaya energi atau menggerakan kapal lebih hemat dan efisien. Karena selama ni dengan menggunakan BBM lebih mahal, namun apabila menggunakan elpiji dengan 3 kilogram lebih murah.

“Ya, seperti alat yang telah kami berikan bagi nelayan di Kabupaten Pekalongan belum lama ini. Karena saya memperjuangkan bapak dan ibu ini selain sebagai wakil rakyat dari Kabupaten Batang, Pekalongan dan Pemalan juga atas perintah Bapak Prabowo Subianto sebagai Ketua umum Partai Gerindra, dan saya sebagai utusan fraksi Gerindra DPR RI harus turun bersama-sama rakyat,” tegasnya.

Ditambahkan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bung Ramson juga selalu kerjasama mitra kerjanya termasuk BPPT.

“Jadi saya selalu bekerjasama dengan mitra-mitra Komisi VII dan juga balai lainya agar membuat program yang efektif demi kepentingan saudara saya yaitu masyarakat,” imbuh wakil rakyat yang hobi blusukan ke desa-desa itu.

Adapun Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Batang, Teguh Tarmuji mengaku dengan adanya kunjungan sekaligus sosialisasi, pelatihan penggunaan dan penyerahan fishfinder ini cukup membantu para nelayan. Karena sebelumnya nelayan hanya bisa mengadu nasib dengan menangkap ikan secara tradisional di tengah laut.

“Dengan bantuan alat pendeteksi ikan ini cukup membantu karena lebih efisien, tidak memutar mutar untuk mencari lokasi ikan dan langsung pada tujuan dimana lokasi ikan terbanyak. Jadi apa yang telah dilakukan Bung Ramson itu benar-benar peduli dengan rakyat. Ya, dengan bantuan ini kami sebagai nelayan merasa senang dengan sentuhan bantuan-bantuan darinya karena ini cukup bermanfaat bagi nelayan Batang,” ungkap Teguh.

Sementara Ahli Geologi pada BPPT, Taufan Figuna menyampaikan bahwa sosialisasi dan pelatihan penggunaan teknologi Fishfinder ini merupakan hasil perjuangan anggota Komisi VII DPR RI Bung Ramson di pusat.

“Alat fishfinder ini cukup mempermudah bagi nelayan yang akan menangkap ikan karena bisa langsung pada tujuan dimana lokasi ikan berkumpul. Jadi nelayan akan lebih hemat dan efisien dalam penggunaan bahan bakar,”terangnya.

Adapun dalam kesempatan yang dihadiri oleh Pengurus DPC Partai Gerindra Kabupaten Batang, Muspika, anggota Komisi VII DPR RI, Bung Ramson juga menyempatkan diri untuk berdialog bersama nelayan yang hadir. Dengan begitu dapat mengetahui aspirasi permasalahan yang dihadapi warga, untuk selanjutnya bisa diperjuangkan di Jakarta.(yon)

Penulis: Triyono | Radar Pekalongan
Redaktur: Doni Widyo

Facebook Comments