Radar Jateng

Jaringan Internet Jadi Evaluasi UNBK

Jaringan Internet Jadi Evaluasi

AMATI SOAL – Siswi salah satu SMK di Rembang serius mengamati soal saat UNBK beberapa hari lalu.
KHOLID HAZMI/RADAR KUDUS

REMBANG – Jaringan internet yang bermasalah di beberapa sekolah menjadi evaluasi penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK. Untuk persiapan UNBK SMA dan MA pekan depan, hingga kemarin belum ada laporan kendala jaringan saat sinkronisasi.

UNBK SMK selesai digelar Kamis pekan ini. Total ada enam SMK negeri dan 18 SMK swasta yang melaksanakannya. Penyelenggaraan UNBK SMK bukan tanpa kendala. Listrik dan jaringan internet jadi momok bagi sekolah penyelenggara UNBK.

Meskipun mereka sudah menyediakan genset untuk mengantisipasi ketika listrik mati. Sistem juga bisa menyimpan jawaban siswa ketika komputer tiba-tiba mati karena listrik padam. Namun kepanikan dan kehawatiran tetaplah terjadi.

Seperti yang terjadi di SMK NU Pamotan yang pada pelaksanaan hari ketiga UNBK, listrik sempat padam. Dua komponen teknis itulah yang menjadi evaluasi Badan Penyelenggara Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) Wilayah Pati, sebagai perwakilan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Kasi Kurikulum BP2MK Wilayah Pati Hariyanto menjelaskan, pihaknya sudah mengevaluasi pelaksanaan UNBK SMK. Hasilnya, jaringan internet menjadi kendala di beberapa sekolah. “Kendala utamanya jaringan internet. Namun, kami sudah berkoordinasi dengan Telkom agar tidak ada trouble lagi,” jelasnya kemarin.

Sejak Jumat (6/4), proses sinkronisasi sudah dilaksanakan oleh semua SMA dan MA. Sinkronisasi itu berlangsung hingga Minggu (8/4). Sedangkan UNBK SMA dan MA dimulai pada Senin (9/4). Sinkronisasi bertujuan untuk mengambil data peserta dan mengunduh soal dari server pusat.

Di Kabupaten Rembang, terdapat 14 SMA negeri dan swasta yang menggelar UNBK. Untuk SMA, totalnya ada 2.556 peserta. Sedangkan untuk MA, ada 19 sekolah negeri dan swasta yang melaksanakan UNBK. Total peserta dari MA sebanyak 2.103 siswa. (lid)

Facebook Comments