Radar Pendidikan

Sukses Khatam 30 Juz Alquran

Sukses Khatam 30 Juz

PEMOTONGAN TUMPENG – Sesi pemotongan tumpeng untuk kelas IX.F SMP Negeri 02 Wonokerto, Jumat (06/04).
EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN

WONOKERTO – Sebagai satu bentuk motivasi kepada para siswa kelas IX menjelang pelaksanaan Ujian Nasional 2018, Wakil Kepala Bagian Kurikulum SMP Negeri 02 Wonokerto, Mar’atul Hidayah, memberikan hadiah kepada setiap kelas yang telah berhasil mengkhatamkan Alquran sebanyak 30 Juz.

Salah satu kelas yang berhasil mengkhatamkan 30 Juz Alquran selama kurang dari satu tahun ialah kelas IX.F. Menurut penuturan salah seorang siswa kelas IX.F, Feby Rizki Kamila, ia bersama teman-teman sekelasnya merasa termotivasi dan sangat terdorong untuk mengkhatamkan Alquran sebelum Ujian Nasional berlangsung.

“Sejak beberapa bulan lalu Bu Ida bilang ke kelas katanya kalau nanti berhasil khatam sekelas mau dibuatkan tumpeng. Alhamdulillah sejak Maret kemarin kami selesai,” ujarnya kepada Radar Pekalongan, Jumat (06/04).

Ditambahkan, proses pembacaan Alquran di kelas IX.F dilaksanakan setiap hari sebelum pelajaran dimulai. “Sebenarnya setiap hari kami rutin baca Alquran, tapi semenjak dikasih motivasi sama Bu Ida akhirnya setiap hari Jumat kami lebih giat bacanya. Yang kami baca lebih banyak agar target selesai sebelum UN bisa terwujud, dan alhamdulillah bisa,” kata Mila, sembari bercerita tentang kegiatan mereka.

Nasi tumpeng yang diberikan merupakan salah satu wujud terima kasih dan juga wujud syukur karena telah berhasil mengkhatamkan Alquran. Dalam kegiatan potong tumpeng tersebut para siswa, wali kelas, wakil kepala sekolah serta guru PAI turut serta di kelas IX.F. Tak hanya menyantap hidangan nasi tumpeng bersama, para siswa juga diajak berdoa bersama.

Selain untuk merekatkan hubungan antar siswa, kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk berdoa memohon kemudahan kepada Allah sebelum melaksanakan Ujian Nasional (UN) yang akan dilangsungkan 23 April 2018 mendatang. Beragam upaya baik yang bersifat materi maupun spiritual telah dilaksanakan oleh SMP yang terletak di Desa Werdi Kecamatan Wonokerto ini. Pihaknya berharap agar siswanya dapat meraih kelulusan 100% dengan nilai yang memuaskan. (mg5)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments