Lain-lain

Gejala Penyakit di Tubuh Bisa Dilihat dari Warna Kuku lho!

Perubahan warna pada kuku bisa menjadi salah satu tanda saat ada sesuatu yang salah dengan tubuh kita lho! Kuku yang sehat mempunyai warna merah muda. Sebaliknya, warna lain yang muncul pada kuku bisa menjadi pertanda dari penyakit tertentu. Berikut adalah beberapa perubahan warna pada kuku yang bisa menjadi petunjuk dari penyakit tertentu.

1. Putih

Jika kuku Anda berwarna putih, ini bisa menjadi tanda dari kekurangan protein. Warna kuku yang berubah putih juga bisa disebabkan oleh vitiligo, kondisi kulit yang disebabkan oleh hilangnya pigmentasi.

2. Kuning

Ketika kuku Anda berubah warna menjadi kuning, hal itu bisa disebabkan oleh lymphedema (penumpukan cairan limfatik dalam jaringan), penyakit paru-paru atau psoriasis.

 

3. Cokelat

Kuku bisa berubah menjadi cokelat karena kemoterapi, mengonsumsi nikotin yang berlebihan, atau akibat terlalu sering memakai cat kuku.

4. Hijau

Ini sering disebut sebagai sindrom kuku hijau. Hal itu terjadi diakibatkan oleh infeksi jamur yang disebut pseudomonas.

5. Biru

Mengonsumsi minocycline (antibiotik) dan beberapa jenis obat oral lainnya bisa membuat kuku jadi biru.

6. Merah

Cedera atau memar pada kuku bisa menimbulkan garis-garis merah atau ungu pada kuku. Hal itu disebabkan oleh pendarahan yang terjadi di bawah kuku.

7. Hitam

Infeksi jamu yang parah atau memar bisa menjadi penyebab dari perubahan warna ini. Kuku yang menghitam juga bisa menjadi tanda dari melanoma atau kanker kulit.

Ini beberapa perubahan warna pada kuku yang bisa menjadi petunjuk dari penyakit tertentu. Semoga bermanfaat.

Sumber: Merdeka.com
Editor: Khoirunnisa'(SMK ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments