Lain-lain

5 Efek Membiasakan Membunyikan Persendian Jari

Anda sering membunyikan bagian persendian tulang? Terlebih bagian jari – jari tangan, kaki, leher, dan punggung? Nah, mulai sekarang ada baiknya Anda mengurangi kebiasaan tersebut sedikit demi sedikit. Tak heran, pasalnya rasanya melegakan dan nikmat jika sesudah beraktivitas seharian penuh badan terasa pegal – pegal lalu menggerakan anggota badan hingga berbunyi “kreeeekkk”.

Dalam dunia kedokteran hal tersebut tidak dibenarkan. Beberapa riset yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus, maka dapat menimbulkan penyakit sendi yang kronis yang akan terjadi di kemudian hari. Selain itu ada banyak bahaya yang mengintai tubuh Anda di balik kegiatan membunyikan persendian tulang ini diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Hilangnya Kontrol Persendian

Membunyikan persendian bisa berdampak pada bagian kaki dan tangan yang sulit diperintahkan oleh otak. Agar mampu bergerak ruas jari kita tentunya membutuhkan syaraf atau rangsangan dari otak sebagai pusat kontrol. Jika ini gagal dilakukan otak, persendian Anda akan susah digerakan dan akan nampak seperti robot yang kaku.

2. Persendian Menjadi Aus

Jika kebiasaan ini dilakukan secara berlebihan misalnya 5 menit sekali, maka bisa memicu persendian mengalami keausan. Dalam jangka panjang, jika kebiasaan ini dibiarkan berlarut-larut bisa menyebabkan osteoarthritis (OA) atau sejenis peradangan pada sendi kronis di kemudian hari.

3. Bergesernya Bantalan Sendi Tulang Belakang

Dokter spesialis bedah orthopedi dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, dr Benedictus, menuturkan “Dengan Anda membunyikan persendian tulang punggung Anda dapat menyebabkan penekanan pada sumsum tulang belakang dan Syaraf perifer yang keluar dari ruas tulang belakang. Sehingga akan terjadi pergeseran bantalan sendi antar tulang belakang (discus intervertebralis).”

4. Rapuhnya Tulang Rawan

Edmund Edelma, ketua German Rheumatologists Association (BDRh) menjelaskan “Suara bunyi “kreek”berasal dari pergesekan otot dengan permukaan. Membunyikan bagain ruas jari dapat merangsang keluarnya cairan sinovial yang akan berubah menjadi udara bersamaan dengan keluarnya bunyi seperti retakan. Kebiasaan ini jika dilakukan secara terus – menerus itu tidak baik karena menyalahi aturan persendian normalnya dan dapat merapuhkan hingga menghancurkan tulang-tulang rawan di dalamnya”

5. Melemahnya Kekuatan Tangan

Persendian kita akan membesar disertai dengan melemahnya kekuatan tangan. Dengan besaran pelemahan kurang lebih seperempat dari kekuatan tangan yang seharusnya. Membunyikan buku jari tangan dan persendian tulang lainnya akan terasa ketika kita sudah tua nanti, 30 hingga 40 tahun mendatang.

Sumber: PalingMales.com
Editor: Khoirunnisa'(SMK ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments