Radar Kajen

Senilai Rp150M, Siap Lelang dan Ditarget Mei Pelaksanaan

Proyek Perbaikan jalan

RUSAK PARAH – Kerusakan jalan di Desa Karangdowo – Rengas Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, terlihat cukup parah.
MUHAMMAD HADIYAN

Melihat Proyek Perbaikan Jalan di Kabupaten Pekalongan

Kegiatan perbaikan jalan di Kabupaten Pekalongan kini sudah mulai persiapan memasuki tahap lelang. Seperti apa? M Hadiyan, Kajen

Berbagai persiapan kegiatan perbaikan jalan di Kabupaten Pekalongan sudah dilaksanakan. Proyek perbaikan jalan ini direncanakan memakan anggaran hingga Rp 150 miliar, baik dari APBD kabupaten, provinsi maupun DAK pusat. Ditargetkan, perbaikan jalan sudah selesai sebelum lebaran 2018.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Pekalongan, Wahyu Kuncoro, kemarin. Wahyu menyebutkan, perbaikan jalan tahun ini bersumber dari dana DAK pusat senilai Rp79miliar, APBD II Rp32miliar dan sisanya berasal dari APBD kabupaten.

“Kita sudah melaksanakan untuk perawatan jalan. Untuk tahapan kegiatan pemeliharaan jalan melalui proyek lelang maupun penunjukan langsung juga sedang berjalan. Yang jelas sebelum lebaran, sudah bisa digunakan secara maksimal,” ungkap Wahyu.

Disebutkan, saat ini sudah masuk tahap persiapan lelang. Direncanakan akan mulai lelang pada awal April ini, dan pelaksanaan pengerjaan pada awal Mei mendatang. “Kalau lelang bulan ini,” kata dia.

Meski demikian, ia membeberkan, hanya 60 persen kerusakan jalan yang akan dilakukan perbaikan tahun 2018. Sebab, Pemkab Pekalongan masih terikat kontrak dengan pelaksana jalan tol atas kerusakan jalan di Kota Santri akibat dampak proyek nasional tersebut.

“Kalau jalan-jalan rusak karena menjadi jalur proyek tol, tahun ini kami tidak bisa melakukan perbaikan. Sebab, kita masih terikat kontrak dengan pelaksana proyek. Dan perbaikan jalan tersebut menjadi tanggungjawab pihak rekanan,” terangnya.

Namun, lanjut Wahyu, informasinya akan dilakukan perbaikan oleh rekanan proyek setelah pengerjaan tol selesai. “Sebelum lebaran juga akan ada perbaikan,” tambahnya.

Sementara beberapa ruas jalan rusak yang menjadi perhatian khusus adalah jalan di Kutosari Karangdadap sampai ke Kedungwuni, Karangdowo – Rengas, sejumlah ruas di Sragi, dan di wilayah utara seperti di Desa Karangjompo Tirto.

Untuk mendukung sektor wisata, Pemkab Pekalongan juga memperluas perbaikan di Jalan Petungkriyono hingga ke Gumelem, perbatasan Kabupaten Banjarnegara. “Kalau tahun kemarin, kita sudah lakukan perbaikan hingga ke Kasimpar. Tahun ini kita akan perbaiki sampai Gumelem dengan anggaran Rp10miliar,” jelas dia.

Wahyu Kuncoro berharap, pelaksanaan perbaikan jalan dapat selesai tepat waktu.
Masyarakat diimbau untuk bersabar. Sebab, untuk penanganan perbaikan jalan membutuhkan tahapan-tahapan sesuai prosedur yang ada. (yan)

Penulis: M. Hadiyan & Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments