Radar Kajen

Gentong Hebat Terus Berlanjut

Gentong Hebat

KAMPANYE – Gerakan Gotong Royong Hidup Bersih dan Sehat (Gentong Hebat) terus melakukan kampanye lingkungan bersih dan sehat.
MUHAMMAD HADIYAN

Tak berhenti pada program kampanye lingkungan bersih saja, Gerakan Gotong Royong Hidup Bersih dan Sehat (Gentong Hebat) yang dicanangkan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan, Hj Munafah Asip Kholbihi, terus menyasar pada kegiatan masyarakat.

Istri Bupati Pekalongan Asip Kholbihi itu, juga tak lelah untuk turun tangan dan membawa sapu, mengajak masyarakat melakukan hidup bersih, dengan menjaga lingkungan senantiasa asri, bebas dari sampah.

Tak hanya itu, menurut Munafah, Gentong Hebat yang dicanangkannya itu, disinergikan dengan program Pemkab Pekalongan, Bersih Jumat Pagi (Berjumpa). “Jadi sejak saya luncurkan gerakan Gentong Sehat, saya selalu turun tangan, dan bersinergi melakukan fasilitasi gerakan kebersihan Berjumpa Pemkab,” katanya.

Selaku Ketua Gentong Hebat, melakukan aksi sinergitas gerakan kebersihan masyarakat Berjumpa, dengan Gentong Hebat, bersama elemen masyarakat, TNI, Polri, dinilai sebagai hal penting dalam menciptakan kebersihan lingkungan masyarakat.

“Masalah kebersihan harus dilakukan secara ramai-ramai, menggerakkan semua elemen, semua mempunyai program kebersihan, itu sangat bagus, dan ketika disatukan menjadi sangat bagus, seperti sapu lidi, bisa bekerja baik kalau jumlah lidinya banyak, terikat jadi satu,” tandas Munafah.

Karena itu, Ketua TP PKK menyebutkan Gentong Hebat, juga melibatkan pemuda lintas Agama, dan lintas golongan di Kabupaten Pekalongan. Hal tersebut untuk lebih mempercepat tercapainya cita-cita dari program yang dicanangkan, yakni terciptanya lingkungan bersih, dan pola hidup sehat di masyarakat.

“Diharapkan melalui gerakan ini akan tercipta lingkungan tanpa sampah, taman asri, atau lingkungan publik yang sehat. Kemudian paling penting adalah akan meningkatkan kesehatan masyarakat,” terang dia.

Ia memaparkan, seperti sekarang Gentong Hebat bersama Dinas Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim dan LH), pemerintah kecamatan, Koramil, Polsek, PKK, Karangtaruna, Banser Bagana, lembaga pendidikan, rutin melakukan kegiatan bersih-bersih jalan. Minggu ini dilakukan sepanjang Jalan Jrebengkembang, Pagumengan Mas, dan Pangkah, Kecamatan Karangdadap. (yan)

Penulis: M. Hadiyan & Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments