Radar Kajen

Gentong Hebat Terus Beraksi

Gentong Hebat

BERSIH – Ketua PKK Kabupaten Pekalongan Munafah Asip Kholbihi melakukan bersih-bersih di Desa Jrebengkembang Kecamatan Karangdadap, Jumat kemarin.
MUHAMMAD HADIYAN

Gerakan Gotong Royong Hidup Bersih dan Sehat (Gentong Hebat) terus melancarkan aksi bersih-bersih lingkungan setiap hari Jumat. Hal ini dilakukan untuk mendukung dan mempertahankan penghargaan daerah berupa Adipura. Gerakan ini dilakukan di beberapa desa se Kota Santri, termasuk di Pemerintah Desa Jrebengkembang, Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan, Jumat kemarin (6/4).

Kepala Desa Jrebengkembang, Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan, Suroto, menuturkan, pihaknya termotivasi dengan program Gentong Hebat yang menjadi salah satu program kreatif bupati sekarang. Pasalnya selain menumbuhkan kesadaran untuk menjaga keasrian lingkungan dan mendukung kesehatan juga menimbulkan keakraban serta kerukunan terhadap masyarakat.

“Alhamdulillah kami biasa menggelar acara bersih-bersih ini setiap Jumat dan ke depan akan terus ditingkatkan,” paparnya.

Sementara Kasi Pelayanan Kebersihan Dinas Perkim LH Kabupaten Pekalongan Ari Lanang mengatakan, tugas dan tanggungjawab menjaga lingkungan berada di tangan bersama, karena sudah menjadi kebutuhan umum. Sehingga sudah selayaknya masyarakat peduli dan mendukung program Gentong Hebat ini.

“Saat ini tidak hanya di Kabupaten Pekalongan, tapi dunia tengah krisis akibat perusakan lingkungan. Untuk mencegah hal tidak diinginkan seperti banjir dan longsor, perlu menjaga alam bersama,” katanya.

Ketua PKK Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan Intan Indiyani mengatakan, untuk mendukung program pemerintah daerah pihaknya akan membuat bank sampah yang dipusatkan di kantor kecamatan. Selain lingkungan menjadi bersih diharapkan upaya tersebut memberikan nilai ekonomi tambahan buat masyarakat.

“Saya minta hal ini bisa didukung dan dimanfaatkan masyarakat. Untuk mendukung program bank sampah nantinya kami juga akan melakukan berbagai kerjasama dengan berbagai pihak,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PKK Kabupaten Pekalongan Munafah Asip Kholbihi mengatakan, pihaknya akan terus menggerakan semua elemen relawan Gentong Hebat yang sudah terbentuk mulai dari tingkat Rukun Tetangga (RT).

“Saya sangat apresiasi pemerintah desa dan pemuda Desa Jrebengkembang mendukung Gentong Hebat ini. Saya berharap ini menjadi percontohan bagi daerah lain untuk melakukan hal serupa atau bahkan bisa melakukan hal lebih,” tandasnya. (yan)

Penulis: M. Hadiyan & Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments