Radar Batang

Ayo Investasi lan Piknik nang Batang

Ritmis

RITMIS – Prosesi rapat paripurna DPRD dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Batang ke-52 Tahun 2018 berlangsung dalam suasana nan ritmis, kemarin.
AKHMAD SAEFUDIN

Pertama, Ada Paripurna Istimewa Hari Jadi

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Batang ke-52 Tahun 2018 sarat dengan nuansa-nuansa baru. Yang paling menonjol adalah tema HUT yang mengesankan makna yang relatif terbebas dari kesan klise, yakni “Ayo Investasi lan Piknik nang Batang”.

Sepanjang peringatan HUT Batang selama ini, belum pernah ada tema selugas itu. Tetapi tema itu sendiri menjadi cara Bupati Wihaji dan Wakilnya Suyono untuk menunjukkan program unggulannya yang memang terfokus sektor investasi dan pariwisata. Menurut Wihaji, pemilihan tema itu juga bertolak dari masih rendahnya derajat kesejahteraan masyarakat Kabupaten Batang sebagaimana tercermin dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yang memuat indikator pendapatan perkapita, angka harapan hidup, dan tingkat pendidikan.

“Maka program investasi dan wisata ini adalah visi dan cara kami untuk membangun Kabupaten Batang agar ekonominya tumbuh, sehingga masyarakatnya bisa lebih sejahtera,” kata Bupati saat memberikan sambutan pada rapat paripurna istimewa dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Batang ke-52, Jumat (6/4).

Terkait pariwisata, Bupati bahkan telah mencanangkan tahun kunjungan wisata dengan tagline “Visit Batang Yesar 2022, Heaven of Asia”. Artinya, tahun 2022 Kabupaten Batang diharapkan akan ramai dikunjungi investor dan wisatawan dalam dan luar negeri. Pariwisata menurut dia menjadi salah satu sektor yang bisa memacu pertumbuhan ekonomi, karena adanya perputaran simpul-simpul perekonomian di setiap spot tempat wisata.

“Pengarusutamaan wisata juga sebagai wujud syukur kami atas anugerah alam Kabupaten Batang yang sangat kaya. Cara mensyukuri berkah alam itu adalah dengan mengelolanya sebaik mungkin untuk kesejahteraan manusianya,” jelas dia.

Pun dengan sektor investasi. Oleh sebab potensi sumber daya alam Kabupaten Batang sangat melimpah, maka tugas pemerintah daerah antara lain menarik investasi. “Tetapi kami menyadari, membangun Batang, termasuk sektor investasi dan wisata ini mustahil bisa dilakukan pemerintah saja. Untuk itu, peran DPRD, Muspida dan masyarakat secara keseluruhan adalah mutlak diperlukan,” ucapnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Batang, Drs H Nasikhin MH, mengungkapkan, rapat paripurna istimewa hari jadi itu adalah yang pertama sepanjang berdirinya Kabupaten Batang. Pengagendaan paripurna itu menurut dia sebagai penghargaan atas besarnya peran DPRD dalam berdirinya kembali Pemkab Batang tahun 1966 silam.

“Ini wujud apresiasi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Batang. Ke depan, rapat istimewa hari jadi ini akan jadi agenda tetap di setiap peringatan Hari Jadi Kabupaten Batang,” ujar Sekda. (sef)

Penulis: Akhmad Saefudin & Redaktur: Dony Widyo

Facebook Comments