Radar Pendidikan

Lomba Kirab Meriahkan Wisuda TPQ dan Madin Al Hidayah

TPQ dan Madin Al Hidayah

GELAR – TPQ dan Madin Al Hidayah menggelar lomba kirab untuk memeriahkan wisuda santri, Jumat (6/4).
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

TIRTO – Dalam rangka memeriahkan wisuda, Taman Pendidikann Quran (TPQ) dan Madrasah Diniyah (Madin) Al Hidayah Tanjung menggelar lomba kirab pada Jumat (6/4). Lomba ini diikuti oleh tiap Rukun Tetangga (RT) Di desa Tanjung dengan tema Cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kepala TPQ dan Madin Al Hidayah, Zakiyah menuturkan, kegiatan kirab dan lomba biasa dilakukan untuk memeriahkan perhelatan wisuda. Beragam pakaian adat, iringan musik, dan alat peraga dibuat untuk memeriahkan lomba kirab ini.

“Setiap tahun wisuda santri TPQ dan Madin kami gelar secara meriah dengan melibatkan masyarakat sekitar. Untuk lomba kirab, setiap RT bebas menunjukkan kreasinya, yang penting sesuai tema,” ujarnya kepada Radar, Jumat (6/4).

Selain lomba kirab, akan digelar pula pengajian bersama dan prosesi wisuda pada Minggu malam (8/4). Sebelumnya, santri TPQ dan Madin telah menjalani sidang tahsis secara terbuka di masjid. Sidang Tahsis dibagi menjadi dua sesi, yakni pukul 14.00 WIB untuk santri TPQ dan pukul 16.00 WIB untuk santri Madin.

“Sidang tahsis kami gelar di masjid agar masyarakat sekitar tahu dan termotivasi untuk menyekolahkan anaknya di TPQ dan Madin. Tahun ini santri yang diwisuda hanya 24, biasanya sampai 50 santri, jumlahnya tidak menentu setiap tahun,” lanjutnya.

Zakiyah berharap, selepas diwisuda santri TPQ dan Madin dapat menerapkan ilmu membaca Alquran secara tepat sesuai tajwid dan makhrajnya. Zakiyah juga menghimbau agar santri yang lulus TPQ dapat melanjutkan ke Madin agar ilmunya terus berkembang.

“Saya selalu memberikan motivasi kepada santri dan orang tua agar melanjutkan ke Madin, supaya tidak berhenti di TPQ saja,” pungkasnya. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments