Radar Kendal

Wisata Halal Mulai Dikembangkan

KENDAL – Kementrian Pariwisata Republik Indonesia mendorong pengembangan destinasi wisata yang halal di berbagai wilayah Indonesia. Tak terkecuali di Kabupaten Kendal. Bahkan kementrian membentuk tim khusus untuk menyukseskan yakni tim Percepatan Pengembangan Wisata Halal.

Salah satu anggota tim Percepatan Pengembangan Wisata Halal, R Wisnu Rahtomo, menjelaskan saat ini Kemenpar sedang gencar mengadakan bintek pengembangkan destinasi wisata halal untuk para pengelola tempat wisata. Demi mewujudkan hal itu perlu dukungan dari pemerintah daerah terkait regulasi pengembangan wisata halal, mengembangkan perindustrian pariwisata, pembangunan infrastruktur hingga tahapan pengembangan pariwisata halal lainnya.

“Yang tak kalah penting dalam mengembangkan pariwisata halal juga harus didukung sumber daya manusia yang mengatahui masalah halal dan syariat,” ujarnya.

Hal itu tentunya akan menarik wisatawan dari mancanegara tak terkecuali turis muslim dari negara timur tengah. “Apabila pemerintah daerah dapat memadukan antara potensi wisata dengan pengembangan wisata halal maka dapat meninggkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kendal Tavip Purnomo mengatakan pihaknya malah baru mendengarr istilah destinasi wisata halal.

Namun meski demikian ini merupakan program dari pemerintah pusat pihaknya siap menindaklanjuti dengan segera melakukan sosialisasi kepada pihak yang berkecimpung di dunia wisata.”Tidak ada masalah menerapkan wisata halal, toh malah dapat menuju lebih baik,” jelasnya. (fik)

Penulis: Akhmad Taufik | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments