Radar Pendidikan

SMP Muhammadiyah Pekajangan Utamakan Kejujuran Dalam Ujian

SMP Muh Pekajangan

MENGERJAKAN – Siswa SMP Muhammadiyah Pekajangan tengah mengerjakan soal ujian sekolah, Rabu (4/4).
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

PEKAJANGAN – Dalam pelaksanaan Ujian Sekolah, kejujuran menjadi hal penting yang diutamakan oleh SMP Muhammadiyah Pekajangan. Kejujuran menjadi hal penting yang harus dipegang teguh oleh siswa sebagai karakter pelajar, sehingga ujian dalam berjalan dengan tertib dan lancar.

Demikian disampaikan Kepala SMP Muhammadiyah, Ahmad Rizano, saat diwawancarai Radar, Rabu (4/4). Dirinya berharap siswa akan mendapatkan nilai yang baik dan senantiasa mengutamakan kejujuran.

“Alhamdulillah pelaksanaan berjalan dengan lancar dan tertib. Mudah-mudahan sukses persiapan, sukses pelaksanaan dan sukses hasilnya dengan nilai yang baik dan utamanya adalah jujur,” ujar Rizano, sapaan akrabnya.

Dijelaskan, ujian sekolah dimulai sejak Senin (2/4) dan akan berakhir pada Senin (16/4) yang diikuti oleh 102 siswa. Ujian diawali dengan mata pelajaran ciri khusus, yakni Aqidah dan Akhlak. Rizano mengungkapkan, soal ujian dibuat oleh tim dari Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah.

Lebih lanjut Rizano menjelaskan, dalam rangka persiapan pelaksanaan ujian sekolah dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), SMP Muhammadiyah Pekajangan telah melakukan pertemuan dengan wali siswa sebanyak tiga kali. Pertemuan tersebut bertujuan untuk sosialisasi yang dilaksanakan pada bulan Januari, Februari, dan Maret.

Menurut Rizano, pertemuan dengan wali siswa merupakan hal penting di samping persiapan materi dan mental siswa. Selain mengadakan pertemuan dengan wali siswa, Rizano juga mengajak dewan guru untuk menentukan batasan tentang penilaian ujian sekolah baik praktik maupun tulis.

“Untuk USBN dan UNBK kami melakukan banyak persiapan, termasuk mengadakan pertemuan bersama orang tua dan guru. Kami juga sering melaksanakan pembahasan kisi-kisi dan latihan soal yang berkaitan dengan masing-masing mata pelajaran,” pungkasnya. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments