Radar Kendal

Siswa Kesetaraan akan Ikut UNBK

Susi, Kabid PNF dan Paud

Susi, Kabid PNF dan Paud

*Saat Ini Minim Bantuan

KENDAL – Tahun ini, peserta PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) atau kesetaraan akan mengikuti UNKB paket B maupun paket C yang merupakan program pemerintah pusat.

Atas kegiatan tersebut, Kabid PNF dan Paud Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal Susi mengatakan bahwa sebenarnya program tersebut sangat bagus. Artinya, siswa kesetaraan ini hampir sejajar dengan siswa yang menempuh pendidikan secara formal meskipun masih ada ketimpangan.

“Kami menyambut baik program pemerintah dan kami langsung respon dengan melakukan simulasi-sumalasi kepada peserta PKBM yang notabenya baru kali ini melaksanakan UNBK. Banyak kendala karena para peserta tidak pernah mengoperasikan komputer sehingga persiapannya sangat panjang. Tahun ini setidaknya ada 900 lebih siswa informal yang ikut UNBK di Kabupaten Kendal. Setelah kami lakukan pelatihan dan simulasi alhamdulillah peserta sudah siap serta untuk pelaksanaannya menginduk di beberapa sekolah,” ungkapnya.

Namun pihaknya sangat menyayangkan program ini karena pemerintah pusat sama sekali tidak memberikan anggaran padahal dananya tidak sedikit sementara anggaran di dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal terbatas sehingga pihaknya meminta bantuan kepada Bupati.

“Mau tidak mau kami harus meminta bantuan kepada Bupati agar pelaksaan semua kegiatan lancar. Masih dalam proses dan kami selalu pantau perkembangannya,” pungkasnya. (fik)

Penulis: Akhmad Taufik | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments