Radar Pendidikan

MA Muhammadiyah Limpung Maju ke LKTI Cagar Budaya Provinsi

MA Muhammadiyah Limpung

JUARA – Tim LKTI MAM Limpung berhasil memboyong tiga piala kejuaraan LKTI Cagar Budaya Batang, dan bakal mewakili ke tingkat provinsi.
NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN

BATANG – MA Muhammadiyah Limpung berhasil kembali maju ke LKTI Cagar Budaya tingkat provinsi Jateng. Hasil ini diraih setelah perwakilannya, Vania Desty Ramadiani, menjadi juara 1 LKTI cagar Budaya Kabupaten Batang, yang digelar Disdikbud Batang, Selasa (3/4).

Vania sendiri mengangkat Visualisasi Tiga Situs Batu Gajah Melalui Media Virtual Reality (VR) sebagai Upaya Pelestarian Cagar Budaya di Kabupaten Batang.

“Alhamdulillah kami bisa mempertahankan prestasi kami tahun lalu. Tahun ini kami berhasil kembali mewakili Batang ke tingkat provinsi. Setelah perwakilan kami, Vania dinobatkan menjadi juara 1 LKTI Cagar Budaya Kabupaten Batang 2018,” ujar Pembina LKTI MAM Limpung, Pulung AW SPdI, didampingi Yuni Wastioko SPd dan Tri Abadi Khaer SPdI saat diwawancarai usai kegiatan.

Tak hanya mewakili ke tingkat provinsi, dalam lomba kali ini, MA Muhammadiyah Limpung berhasil membawa pulang tiga piala juara. Selain piala Juara 1, MAM Limpung juga menggondol piala Juara Harapan 1 dan Juara Harapan 2. Juara Harapan 1 berhasil diraih Meiliana R yang mengangkat Aplikasi Edutage VI sebagai Media Edukasi bagi Pembelajaran tentang Cagar Budaya Kabupaten Batang. Dan untuk Juara Harapan 2 diraih Nur Azizah yang mengangkat Optimalisasi Makam Syekh Maulana Maghribi Wonobodro dalam Perspektif Cagar Budaya.

Keberhasilan ini diraih bukan secara instan. Pihaknya telah mempersiapkan diri selama kurang lebih dua bulan. Pihaknya juga melakukan survei langsung ke lokasi tujuan sebelum membuat karya ilmiah. Setelah mengikuti seleksi berkas, pihaknya maju dalam tahap Grand Final yang digelar 3 April lalu di aula Dispermades Batang.

Selain itu, untuk mendukung iklim penelitian di madrasahnya, pihaknya juga memiliki Kelompok Ilmiah Siswa (KIS). KIS sendiri diharapkan dapat menjadi wadah bagi siswa yang memiliki ketertarikan dan minat penelitian.

Terkait Persiapan menuju LKTI Provinsi pihaknya masih akan membawa materi yang sama. Meski begitu pihaknya akan berusaha memperbaiki kekurangan yang ada dan mempertimbangkan masukan dari para dewan juri. Pihaknya berharap tahun ini mampu mengharumkan nama Batang di tingkat provinsi.

“Materi yang kami bawa ke provinsi masih sama. Hanya mungkin nanti akan kami lakukan perbaikan. Dan kami harap di provinsi nanti kami bisa memberikan yang terbaik, serta mampu menorehkan prestasi bagi Batang dan MAM Limpung khususnya,” tandasnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments