Radar Pendidikan

Try Out Kabupaten, Kecamatan Siwalan Terapkan Pengawas Silang

TO Kabupaten, Terapkan Pengawas Silang

UJIAN – Suasana Ujian Try Out (TO) Kabupaten SDN 01 Mejasem, Selasa (03/04).
EKA ISDITYA/ RADAR PEKALONGAN

SIWALAN – Dalam pelaksanaan Uji Coba Ujian atau Try Out (TO) tingkat Kabupaten, sekolah SD/MI se Kecamatan Siwalan menerapkan sistem pengawas silang. Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari yakni sejak Senin (02/04) hingga Rabu (04/04).

Selain agar kegiatan berlangsung secara objektif, sistem pengawasan silang tersebut dipilih agar para siswa mulai terbiasa menghadapi ujian dengan suasana yang hampir mirip dengan Ujian Nasional sesungguhnya.

“Tidak semua kecamatan menggunakan sistem ini, ada beberapa yang pengawasnya silang kelas saja,” tutur pengajar kelas VI SD Negeri 01 Mejasem, Sunarsih SPd, kepada Radar Pekalongan, Senin (02/04).

Pasalnya kebijakan pelaksanaan Try Out Kabupaten tersebut diserahkan kepada masing-masing kecamatan melalui kesepakatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS).

“Untuk pengawasnya dibagi acak se Kecamatan Siwalan. Kecuali untuk guru kelas VI, tidak boleh jadi pengawas. Ini kebetulan saya jadi panitia Try Out di SD saya,” ujar Bu Asih, sapaan akrabnya.

Dalam pelaksanaan Try Out tingkat Kabupaten, para siswa kelas VI mengerjakan soal yang sama serentak se Kabupaten Pekalongan. “Iya, ini try out kabupaten jadi yang nyusun dari kabupaten,” terangnya.

Bertujuan untuk melatih kesiapan siswa menjelang UN yang akan dilaksanakan awal Mei mendatang, para siswa kelas 1 hingga kelas 5 juga diliburkan atau diberi tugas untuk belajar di rumah sejak Senin (02/04) hingga Rabu (04/04), selama uji coba ujian berlangsung. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga kondusifitas tempat ujian. (mg5)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments