Radar Batang

Target Prona Naik 3 Kali Lipat

BPN Kabupaten Batang

PELAYANAN – Petugas pelayanan Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Batang.
M Dhia Thufail

BATANG – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Batang tahun 2018 mendapat jatah program nasional agraria (Prona) sebanyak 44.000 bidang tanah. Jumlah itu jauh meningkat dari tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2017 Kabupaten Batang hanya dijatah 17.315 bidang tanah.

Sejauh ini, dari jatah 44.000 bidang tanah, baru 44 desa atau setara 10.000 bidang tanah yang diajukan dan kini sedang dalam proses.

“Kantor kita sekarang dituntut oleh pemerintah untuk bekerja bukan lagi business as usual, tahun ini kita harus mengejar target 44.000 bidang tanah, yang artinya terjadi lonjakan sebesar kurang lebih 3 kali lipat,” ujar Kepala Seksi Pengadaan Tanah Kantor BPN Kabupaten Batang, Ahmad Darmaji, Rabu (4/4).

Peningkatan target sertifikasi, kata Darmaji, secara pasti akan terus dijalankan. Seperti halnya tahun 2019 nanti, yang sudah barang tentu juga akan mengalami peningkatan target sertifikasi. Sehingga diharapkan, pada tahun 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia sudah terdaftar.

“Kalau bisa, tahun 2025 semua sudah bersertifikat. Ini pekerjaan yang besar, kita harus bisa mencari solusi yang tidak konvensional agar bisa dikerjakan,” katanya.

Namun ditambahkan Darmaji, tingkat kesadaran masyarakat Kabupaten Batang terkait pentingnya sertifikasi tanah itu masih rendah. Sehingga, pihaknya merasa cukup kesulitan untuk bisa mencapai target yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Selain wilayah Kabupaten Batang begitu luas. Kesulitan kami untuk mencapai target itu ialah karena tingkat kesadaran masyarakat Batang yang masih rendah. Segala upaya sudah kami lakukan, namun masih ada saja masyarakat yang enggan untuk mengikuti program pemerintah ini,” terangnya. (fel)

Penulis: M. Dhia Thufail & Redaktur: Dony Widyo

Facebook Comments