Lain-lain

Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi dengan Konsumsi Makanan ini

Hipertensi atau darah tinggi merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa menyerang siapa saja, termasuk mereka yang masih berada di usia produktif. Jika terus dibiarkan, darah tinggi bisa memicu beragam kondisi berbahaya, seperti stroke, serangan jantung dan lainnya.

Menurut anjuran DASH (Dietery Approches to Stop Hypertension), kamu disarankan untuk mengonsumsi beberapa makanan berikut ini untuk mengatasi darah tinggi.

Dandelion

Dandelion merupakan kuntum bunga yang biasa dikonsumsi sebagai campuran salad. Selain itu, beberapa bagian lain dari tanaman ini pun dapat digunakan dengan khasiat masing-masing, seperti akarnya yang bisa ditumis atau dapat dikeringkan untuk diseduh sebagai teh herbal.

Selain menjaga kesehatan hati, menjaga fungsi mata dan berkhasiat untuk kecantikan kulit, dandelion pun dikenal berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko stoke dan serangan jantung.

Seledri

Doctors of Traditional Chinese Medicine, menyarankan agar pasien dengan tekanan darah tinggi, rutin mengonsumsi 4 batang seledri per hari. Hal ini disebabkan karena seledri mengandung phytochemical atau phthalides, yang berfungsi untuk mengendurkan jaringan otot dan dinding pembukuh darah.

Pada gilirannya, mengendurnya jaringan oto dan pembuluh darah bisa menyebabkan aliran darah lebih lancar, dan tekanan darah pun berangsur menurun.

Gandum utuh

Gandum utuh merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan kandungan seratnya yang sangat tinggi. Selain baik untuk diet, gandum utuh pun terbukti ampuh menurunkan risiko serangan jantung dan stroke karena hipertensi, menurunkan tekanan darah dan menjaga sistem pencernaan tetap baik.

Beberapa makanan dengan kandungan gandum utuh, seperti oatmeal, sereal, roti gandum dan lainnya, baik dikonsumsi sebagai sarapan tanpa tambahan penyedap rasa, terutama garam dan gula.

Ikan laut

Ikan laut, seperti salmon, tuna, halibut, sarden dan lainnya, kaya akan asam lemak Omega-3, yang merupakan jenis lemak baik untuk melancarkan pembuluh darah di jantung, mengatasi tekanan darah tinggi, menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.

Bagi penderita hipertensi, kamu disarankan untuk mengonsumsi ikan laut setidaknya 180 gram per minggu. Tapi ingat, pastikan ikan laut tersebut diolah dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang.

Sumber: www.diasweethealthy.com

Editor: Khofifah SMK ( ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH PEKALONGAN )

Facebook Comments