Lain-lain

Ternyata, Benda Rumahan ini Bisa Jadi Pemicu Timbulnya Kanker lho!

Salah satu penyakit pembunuh di dunia yang sangat ganas adalah kanker. Kanker termasuk penyakit menyeramkan yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Bukan cuma pola hidup yang tak sehat saja Ladies, ternyata kanker juga bisa disebabkan beberapa benda yang biasanya terdapat di rumahan ini lho! Nah, supaya kamu tahu lebih jelasnya, yuk simak peenjelasan berikut ini!

Dilansir dari Reader Digest, menurut pakar toksikologi, ada beberapa benda di sekitar rumah yang sebaiknya diwaspadai.

Tirai dan karpet

Benda ini juga bisa jadi penyebab kanker jika terkena zat kimia dari asap rokok, kadmium. Zat tersebut bersifat karsinogenik, yang dapat menempel pada tirai dan karpet. Sayangnya, kadmium sangat kuat menempel meski sudah berusaha dibersihkan. Untuk menghindari hal ini sebaiknya jangan merokok di dalam rumah.

Kulkas lama

Kulkas lama menyimpan cairan pendingin yang bersifat karsinogen. Sebaiknya singkirkan kulkas yang sudah terlampau tua dari rumah.

Kursi kulit

Bahan yang terbuat dari kulit umumnya mengandung Kromium (VI). Eleman ini ternyata bersifat karsinogen, yang berpotensi menjadi penyebab kanker. Sebuah studi dari Denmark menemukan hampir setengah dari sepatu dan sandal kulit impor mengandung beberapa tingkat karsinogen. Selain itu perabot kayu dan zat pewarna pada tekstik juga bisa jadi penyebab kanker. Kamu wajib memperhatikan label pada barang tersebut sebelum membelinya.

Lemari

Untuk menjaga pakaian tetap bersih dalam lemari kamu bakal menggunakan produk bahan kimia bernama Perchloroethylene. Bahan ini ternyata mengandung karsinogen. Zat ini juga dijumpai pada produk penghilang noda, semir sepatu, dan pembersih kayu. Karenanya selalu gunakan sarung tangan ketika menyemir sepatu dan membersihkan kayu.

Sofa

Benda yang satu ini bisa jadi salah satu penyebab kanker. Ini karena sofa dirawat dengan menggunakan bahan kimia anti api, yaitu TDCIPP. Menurut studi dari Duke University, TDCIPP ditemukan pada darah orang yang mereka uji. Hal ini karena bahan kimia tersebut banyak digunakan pada furnitur yang dibuat sebelum tahun 2013. Tak hanya itu, studi ini juga menemukan TDCIPP di dalam debu rumah tangga. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mulai mengganti sofa yang dibeli sebelum tahun 2013.

Styrofoam

Peralatan dapur yang terbuat dari styrofoam menyimpan styrene yang sifatnya karsinogen. Jika terkena panas, bahan kimia tersebut bisa melebur pada makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Produk pembersih

Beberapa produk pembersih seperti cairan pencuci piring, pelembut kain, dan pembersih karpet ternyata menjadi barang yang dapat membuatmu berpotensi mengidap kanker. Ini karena adanya kandungan senyawa formaldehida pada produk pembersih tersebut bersifat karsinogen. Mulai sekarang baca selalu label produk pembersih dan pilih dengan cermat.

Taman

Tempat ini rupanya juga berpotensi menjadi penyebab kanker. Ini karena adanya dioksin yang dapat ditemukan di seluruh area taman. Dioksin menyimpan karsinogen, yang dapat menyebabkan kanker. Paparan dioksin dapat meningkatkan risiko terserang kanker. Saat bekerja di taman kamu disarankan untuk mengenakan sarung tangan. Selain itu, biasakan diri untuk mencuci bersih anggota tubuh sebelum masuk rumah.

Pembasmi serangga

Bahan kimia mengandung pestisida dapat meningkatkan risiko kanker. Sebaiknya pilih produk pembasmi serangga alami yang bebas pestisida.

Nah Ladies, mulai sekarang kamu wajib selalu berhati-hati dan selektif dalam memilih produk demi hidup sehat dan jauh dari kanker. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Sumber: Vemale.com
Editor: Khoirunnisa'(SMK ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments