Radar Kendal

UNBK SMKN 2 Kendal Lancar

UNBK SMKN 2 Kendal Lancar

PELAKSANAAN – Pelaksanaan UNBK di SMKN 2 Kendal sesi pertama dihari kedua berjalan lancar.
NUR KHOLID MS / RADAR PEKALONGAN

*Meski Ada Satu Komputer Mati

KENDAL – Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di SMK Negeri 2 Kendal selama 2 hari berjalan lancar, meski di hari pertama, Senin (2/4), sedikit ada kendala, yakni satu komputer peserta mati. Beruntung pihak sekolah sudah menyiapkan komputer cadangan di tiap ruangan, yang jumlahnya 10 persen dari komputer peserta.

Hal itu dibenarkan Maryono, Kepala SMK Negeri 2 Kendal. Kata dia, dalam pelaksanaan UNBK pihaknya tidak hanya menyiapkan komputer cadangan, tapi sekolah juga menyiapkan genset sehingga meski listrik padam tidak menganggu pelaksanaan ujian.

“Genset yang disiapkan berkapasitas 30 ribu VA, meski kecil namun cukup untuk mengaliri listrik di ruang komputer jika terjadi pemadaman,” kata

Maryono mengungkapkan, komputer yang digunakan memiliki daya listrik rendah. Meski genset berkapasitas 30 ribu, namun sudah mampu untuk menghidupkan komputer peserta dan server jika ada pemadaman listrik. Kalau genset bermasalah sekolah juga sudah menyiapkan laptop. Peserta UNBK di SMKN 2 Kendal ada 442 siswa yang dibagi menjadi tiga sesi. Sekolah menyiapkan lima ruangan komputer dengan jumlah komputer tiap raungan 30 unit ditambah 3 cadangan.

“Pelaksanaan UNBK untuk jenjang SMK dilaksanakan pada 2-5 April 2018. Untuk SMA dan MA akan dilaksanakan pada 17-18 April 2018,”ungkap dia, didamppingi Waka Humas Setyo Raharjo dan panitia UNBK Masruhin.

Sementara salah satu peserta UNBK, Dewi Fitri Laela Sari mengatakan, hari pertama sempat ada kendala salah satu komputer peserta mati. Namun pengawas menggantinya dengan komputer lain. “Untuk soal sendiri tidak ada kendala karena semua bisa didownload tanpa ada kendala,” kata dia, peserta UNBK sesi kedua.(nur)

Penulis: Nur Kholid Ms | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments