Radar Pendidikan

Menginduk, SD Plus Al Burhan Gelar Try Out Mandiri

SD Plus Al Burhan

MENGERJAKAN – Siswa kelas VI SD Plus Al Burhan mengerjakan try out USBN, Selasa (3/4).
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

SIMBANGKULON – Meski menginduk, SD Plus Al Burhan melaksanakan try out kedua Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) secara mandiri sejak Senin (2/4). Hal tersebut berbeda dengan try out pertama yang dilaksanakan di SDN Simbangwetan. Ini berkaitan dengan kebijakan pengawas yang membolehkan SD yang menginduk untuk menggelar try out secara mandiri.

Demikian disampaikan Kepala SD Plus Al Burhan, Ismi Hayati, kepada Radar di ruangannya, Selasa (3/4). Tahun ini menjadi kali pertama bagi SD Plus Al Burhan untuk mengikuti USBN.

“Karena kami SD baru yang belum akreditasi dan belum pernah meluluskan siswa, kami harus menginduk dulu. Kebijakan pengawas yang membolehkan untuk melaksanakan try out secara mandiri kami sambut dengan gembira, sekaligus menjadi persiapan untuk menggelar USBN yang sesungguhnya,” ujar Ismi, sapaan akrabnya.

Ismi mengaku belum ada keputusan pasti perihal penyelenggaraan USBN bagi SD yang menginduk. Dia berharap, pihaknya bisa menggelar USBN di sekolah sendiri karena berkaitan dengan psikologis siswa. Menurutnya, siswa lebih nyaman melaksanakan USBN di sekolah milik sendiri.

“Kami berharap bisa di sini. Untuk try yang kedua ini misalnya, anak-anak lebih nyaman karena mengerjakan di tempat sendiri, berbeda dengan try out pertama ketika mengerjakan di sekolah lain, mereka merasa kurang nyaman dan percaya diri,” jelasnya.

Meski begitu, menurut Ismi hasil try out pertama cukup memuaskan. Pasalnya, SD Plus Al Burhan yang baru pertama kali mengikuti USBN berhasil masuk dalam tiga besar di Kecamatan Buaran. Oleh karena itu, Ismi berharap nilai siswa di try out kedua dan USBN nanti bisa lebih meningkat.

“Karena belum pernah USBN, kami belum memasang target untuk nilai karena belum bisa memprediksi. Semoga USBN nanti lancar dan anak-anak mendapatkan nilai yang melebihi standar kelulusan,” pungkasnya. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments