Radar Pendidikan

SDN 01 Tegalontar Kembangkan Minat Bakat Lewat Ekskul Drumband

SD Negeri 01 Tegalontar

EKSKUL – Siswa SD Negeri 01 Tegalontar dalam kegiatan ekskul seni musik marching band.
EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN

SRAGI – Selain melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada jam sekolah, para siswa juga diajak untuk mengembangkan minat, bakat, serta keinginan mereka melalui kegiatan ekstrakurikuler. Seperti halnya yang dilakukan oleh SD Negeri 01 Tegalontar. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) yang kini tengah dikembangkan ialah ekskul seni musik marching band atau lebih sering dikenal dengan sebutan drumband.

Pada umumnya sejak di bangku sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), beberapa sekolah juga telah mengenalkan siswanya dengan beragam alat musik drumband seperti bass drum, tenore, senare drum, marching bell, cymbal, quartom, hingga pianika. Menurut penuturan Kepala SD Negeri 01 Tegalontar, Yoso SPd, banyak diantara siswanya yang menaruh minat pada permainan alat musik ini. “Alhamdulillah banyak anak-anak yang minat,” ujar dia.

Selain rutin menggelar latihan setiap minggunya, para siswa juga telah beberapa kali diundang untuk tampil dalam berbagai acara, salah satunya yakni sebagai pengiring dalam upacara pembukaan ajang pesta siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Pekalongan tahun 2018 yang bertempat di Kantor Kecamatan Sragi, pada awal Maret 2018 lalu.

“Karena Sragi jadi tuan rumah, dan kebetulan juga saya menjadi ketua panitia kegiatan jadi agar mudah mengkondisikan dan kesepakatan ari panitia juga akhirnya anak-anak tampil,” terang pria asli Sragi ini.

Kini pihaknya berharap, kegiatan ekskul di SD Negeri 01 Tegalontar tetap dapat berjalan dan juga semakin berkembang. Tidak hanya dalam bidang seni musik, namun juga dalam bidang yang lain untuk menyalurkan minat dan bakat siswa. (mg5)

Penulis: Eka Isditya  | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments