Lain-lain

Benarkah Mereka yang Demen Makan Pedas Lebih Tahan Sakit?

Nampaknya sebagian besar orang menyukai cita rasa pedas. Ada juga sebagian orang yang kurang bisa menikmati makanan yang mereka konsumsi jika tidak ada rasa pedas di dalamnya. Nah, membahas tentang cita rasa pedas, ternyata ada satu fakta menarik tentang orang yang demen makan pedas. Fakta tersebut adalah mereka si penyuka pedas ternyata memiliki level untuk menahan rasa sakit lebih tinggi di dalam tubuhnya.

“Beberapa orang dilahirkan dengan tingkat sensitivitas terhadap rempah-rempah lebih sedikit. Reseptor sensor yang disebut dengan TRPV1 ini pada dasarnya adalah protein yang terbuka sebagai respon terhadap suhu panas di dalam makanan. Molekul-molekul panas ini akan berikatan dengan reseptor sehingga membuatmu merasa kepedasan ketika makanan pedas kamu konsumsi,” terang sebuah study

“Semakin banyak atau semakin sering kamu mengonsumsi makanan pedas, maka sensitivitas respon akan berkurang.”

Sementara menurut study lain dari SciShow menuturkan bahwa mereka yang demen mengonsumsi makanan pedas menikmatinya sama seperti ketika mereka demen naik roller coaster. Ada rasa tertarik yang amat tinggi untuk mengalami sesuatu yang berbahaya. Mereka jadi semakin toleran dengan rasa sakit sehingga bisa dikatakan bahwa si pecinta pedas termasuk orang yang ‘masokis’.

Bagaimana dengan kamu?

Sumber: Merdeka.com
Editor: Khoirunnisa'(SMK ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments