Lain-lain

Mengapa Harus Menghindari Menggunakan Celana Terlalu Ketat?

Umumnya, pakaian merupakan hal yang sangat penting yang digunakan sebagai identitas dan pelindung seseorang dari cuaca terik maupun dingin. Selain itu pakaian berperan untuk mempercantik penampilan seorang wanita. Sekarang sudah banyak model pakaian yang menjadi tren dalam masyarakat.

Tak jarang ada beberapa orang yang rela menggunakan pakaian yang tidak nyaman demi mendapatkan penampilan yang menarik. Salah satu pakaian yang kurang nyaman digunakan tetapi banyak disukai wanita adalah celana jeans. Dengan menggunakan celana jenis ini akan membuat penampilan mereka menjadi lebih menarik, apalagi jika mereka menggunakan celana jeans yang ketat. Menggunakan celana jeans juga dianggap sederhana dan tidak ribet, jadi jenis celana ini sangat diminati banyak wanita. Tetapi tahukah kamu jika penggunaan celana ketat dapat menyebabkan pengaruh buruk untuk kesehatan kamu? Jika kamu belum tahu, ini ada beberapa bahaya jika kamu menggunakan celana ketat, antara lain :

Tekanan Perut

Menggunakan celana ketat setiap hari juga dapat menyebabkan sakit perut. Selain itu bagian perut bagian atas dan bawah juga akan terasa tidak nyaman. Perut bagian atasa yang tertekan dapat memicu refluks asama lambung sehingga memicu panas di bagian dada.

Kemandulan

Hal ini bisa saja terjadi pada wanita maupun pada pria. Karena terlalu sering menggunakan celana ketat dapat mengganggu kesuburan dan dapat menyebabkan kemandulan. Buat wanita celana ketat dapat menyebabkan munculnya jamur dan endrometriosis atau gangguan kesuburan. Dimana sel-sel sel-sel endometrium (selaput leher rahim) yang seharusnya berada di rongga rahim akan berpindah ke indung telur sehingga mengalami gangguan.

Menimbulkan Iritasi dan Jamur

Karena mempunyai iklim tropis di Indonesia sebenarnya kurang baik untuk menggunakan celana ketat. Karena sulit bernapas, kulit menjadi berkeringat dan cairan keringat yang keluar akan menyebabkan kulit lembab, sehingga menimbulkan jamur dan iritasi. Jika hal ini terjadi terus menerus dapat menyebabkan kulit gatal-gatal.

Menghambat Sirkulasi Darah

Jika kamu menggunakan celana yang terlalu ketat maka akan membuat pembuluh darah disekitar paha tertekan dan membuat peredaran darah tidak lancar. Kalau hal ini kamu alami setiap hari, maka akan membuat selangkangan dan organ intim juga akan terganggu. Dan hal ini dapat menyebabkan varises dan pembengkakan karena pembuluh darah yang membeku karena gangguan gerakan yang dibatasi oleh celana ketat.

Infeksi Bakteri

Area oragan intim memang harus dijaga kebersihannya agar tetap higienis. Jika kamu memakai celana yang terlalu ketat akan membuat sirkulasi udara tidak lancar dan organ intim menjadi lembab karena keringat. Jika begitu, bakteri dan jamur akan mudah berkembang biak.

Sumber: Tampilcantik
Editor: Khoirunnnisa'(SMK ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments