Lain-lain

Yuk, Ketahui Tips Agar Wajan Tidak Lengket

Sebagian ibu rumah tangga pasti merasa kesal jika menemui masakan yang sedang dimasak tiba-tiba merekat dengan wajan yang digunakan untuk menggoreng. Anda pernah mengalami hal yang sama? Jika iya, maka waktu Anda juga jadi terbuang karena harus membersihkan makanan yang menempel di wajan. Nah, berikut adalah tips memasak tanpa lengket yang dapat Anda ikuti.

• Wajan atau panci anti lengket

Solusi pertama dan paling mudah bagi Anda agar masakan tidak lengket. Untuk wajan anti lengket yang baru, Anda dapat mendidihkan air yang sudah dicampur dengan sedikit cuka dalam wajan, kemudian cuci wajan Anda seperti biasa.

• Gosokkan Kunyit di Penggorengan

Sebelum menggoreng sesuatu, ambilah sepotong kunyit, gosokkan di penggorengan sebelum Anda tambahkan minyak goreng. Kunyit disini juga berfungsi untuk menghilangkan bau amis pada bahan masakan Anda.

• Tuangkan minyak goreng ke dalam penggorengan

Tumis sepotong bawang merah. Cara ini juga dapat mencegah masakan Anda lengket di wajan. Selain itu, bawang merah berfungsi untuk menjadikan bahan makanan yang berbau kurang sedap menjadi harum.

• Garam dapat mencegah lengket pada wajan

Anda dapat memanaskan wajan, lalu masukkan garam. Biarkan garam yang Anda taburkan hingga panas lalu buang.

• Lumuri dengan mentega

Ketika menggoreng ikan, lumuri ikan dengan mentega yang sudah dicairkan terlebih dahulu lalu diamkan sebentar. Sementara itu, panaskan minyak di atas wajan Anda, taruh selembar daun pisang di atasnya kemudian goreng ikan Anda. Trik ini juga dapat diterapkan pada masakan yang dibakar atau dikukus.

• Jangan membolak-balikkan makanan sebelum kering

Selama proses penggorengan berlangsung jangan membolak-balikkan makanan sebelum kering, karena ini berguna untuk menghindari bagian yang masih basah menempel pada wajan Anda.

 

 

 

Sumber: Tribunlifestyle
Editor: Khoirunnisa'(SMK ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments