Radar Pendidikan

2018, Pilkades Serentak Lima Desa

2018, Pilkades Serentak Lima Desa

BIMBINGAN TEKNIS – Pemkab Kendal gelar Bimbingan Teknis Panitia Pemilihan Kepala Desa Serentak (Pilkades) Kabupaten Kendal tahun 2018.
NUR KHOLID MS / RADAR PEKALONGAN

KENDAL – Di tahun 2018, akan dilaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Kendal. Pilkasdes serentak lima desa di lima kecamatan, yakni Desa Tlogopayung, Kecamatan Plantungan, Desa Kebongembong, Kecamatan Pageruyung, Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Desa Sidokumpul, Kecamatan Patean dan Desa Sidomakmur, Kecamatan Kaliwungu Selatan.

Asisten Pemerintahan, Agus Sumaryono, mengatakan, sebagai komitmen dan bukti nyata pemerintah daerah dalam menjalankan amanat Undang-Undang (UU) No 6 Tahun 2016 tentang Desa, dan peraturan lainnya. Maka Pilkades serentak nanti dapat terlaksana dengan tertib, aman dan lancar dengan berpegang pada prinsip sukses diantaranya sukses partisipasi, sukses regulasi dan sukses memilih Kepala desa yang definitif.

“Pelaksanaan Pilkades serentak rencananya pada Agustus 2018 itu jika tidak ada perpanjangan, tapi jika ada, maka dilakukan September 2018,” kata dia, saat pelaksanaan Bimbingan Teknis Panitia Pemilihan Kepala Desa Serentak (Pilkades) Kabupaten Kendal Tahun 2018, di Gedung C Setda Kendal, kemarin.

Bimtek sebagai salah satu upaya untuk menyamakan persepsi dan komitmen dalam melakukan mengantisipasi konflik sosial dalam pelaksanaan Pilkades sebelum, saat pemungutan suara dan setelah pelaksanaan Pilkades. Panitia Pilkades, BPD dan semua pihak, harus dapat bekerja dengan baik, profesional, penuh tanggungjawab dan kehati-hatian, sehingga tidak menimbulkan permasalahan dikemudian harinya.

“Harus betul-betul dicermati dan menjadi perhatian serius bagi semua pihak. Bila ada yang kurang dipahami atau mendapat kendala di lapangan, jangan mengambil tindakan sendiri yang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Lakukan koordinasi yang baik,” tukas dia.

Seluruh panitia Pilkades dapat memahami tugas dan fungsinya untuk melaksanakan agenda Pilkades yang ada di desanya masing-masing. Sehingga, dalam Pilkades dapat tercipta situasi dan kondisi kondusif, aman dan nyaman. “Kemudian tercipta korelasi positif bagi tujuan kita bersama, terwujudkan desa yang maju, mandiri dan sejahtera, menuju pembangunan Kabupaten Kendal yang lebih baik,” ungkap dia.

Bimbingan teknis dihadiri Kepala Desa dan perangkat lima desa dan sejumlah pejabat terkait di bagian pemerintahan Setda Kendal. (nur)

Penulis: Nur Kholid Ms | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments