Radar Pendidikan

Tingkatkan Kompetensi Pendidik Paud

Tingkatkan Kompetensi Pendidik Paud

DIKLAT – Para pendidik Paud saat mendengarkan materi dari Ketua Himpaudi Jateng, Dedy Andrianto S.Sos, Senin (2/4).
NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN

BATANG – Puluhan pendidik paud formal di Kabupaten Batang menjalani kegiatan Pelatihan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar, Senin (2/4). Dalam diklat ini para pendidik nantinya akan diberikan materi terkait microteaching, motivasi, konsep dasar paud, pengasuhan anak dan lainnya.

Hal ini seperti yang disampaikan Kasi Pembinaan Ketenagaan Paud Disdikbud Batang, Solekhatul Lailiyah saat diwawancarai di sela-sela acara yang digelar di Gedung Pramuka Batang ini. Ia mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pendidik paud.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pendidik Paud agar lebih berkualitas, komunikasi yang lebih baik, dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran Paud bisa lebih baik,” terangnya.

Disebutkan, sudah 70 persen guru paud di Kabupaten Batang sudah mengikuti pelatihan diklat jenjang dasar. Pelatihan ini diprioritaskan untuk pendidik Paud yang masih mengenyam kualifikasi pendidikan SMA. Agar dapat memenuhi klasifikasi laiknya pendidik Paud lulusan sarjana pendidikan anak usia dini.

“Sesuai Permendiknas nomor 137 tahun 2014 disebutkan guru pendidik itu ada guru paud, guru pendamping, dan pendamping muda. Pendamping muda minimal pendidikan SLTA tetapi harus mengikuti diklat berjenjang, untuk itu juga kami selenggarakan diklat ini,” terangnya

Diterangkan, hingga kini sudah ada sekitar 70 persen guru Paud formal yang mengikuti diklat dasar. Sementara untuk Paud non formal sudah mencapai 90 persen. Diklat berjengjang sendiri rutin dilakukan tahun ke tahun agar dapat menjangkau seluruh pendidik Paud se Kabupaten Batang.

“Harapannya dengan adanya pelatihan ini pendidik Paud di kabupaten Batang mempunyai kompetensi yang memenuhi syarat dan bisa lebih baik sehingga bisa melahirkan anak-anak yang cerdas dan berakhlak mulia,” tandasnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments