Radar Pendidikan

MIS Sidorejo Optimalkan Pendidikan Karakter Bersifat Agamis

MI Salafiyah Sidorejo

BELAJAR – Suasana belajar siswa MI Salafiyah Sidorejo.
EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN

TIRTO – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Sidorejo komitmen mengutamakan pendidikan karakter yang bersifat agamis kepada para siswanya.

Kepala MI Salafiyah Sidorejo, Sumairi SPd I mengungkap, pendidikan karakter menjadi tujuan paling penting yang hendak dicapai oleh MI satu-satunya di Desa Sidorejo Kecamatan Tirto ini. Sebagai sekolah tingkat dasar berbasis Agama Islam, pihaknya kemudian lebih menekankan pada nilai-nilai keagamaan kepada para siswanya. “Untuk akademik yang bersifat umum memang perlu kami akui masih kurang, tapi kami tetap harus komitmen mengunggulkan nilai-nilai agama,” terang Pak Sumairi, sapaan akrabnya.

Pihaknya juga menjelaskan, pendidikan di MI memang terbilang lebih berat karena harus menyeimbangkan antara pendidikan pelajaran umum dengan pendidikan di bidang keagamaan. “Untuk kegiatan-kegiatan pembiasaan banyak yang kami terapkan, ada pembacaan Asmaul Husna, sholat berjamaah juga,” terangnya.

Kini pihaknya tengah menargetkan salah satu program yang ingin dicapai kepada seluruh siswanya yakni program tahfidzul quran. “Ya yang utama, kami ingin supaya anak-anak lulus dari MI minimal hafal 30 juz,” imbuhnya.

Dijelaskan pula, para siswa lulusan MI Salafiyah Sidorejo lebih banyak yang meneruskan pendidikannya di Pondok Pesantren. “Sebenarnya memang kami lebih condong mengarahkan siswa ke pondok. Nanti di pondok juga melanjutkan sekolah di MTs, kemudian ke Aliyah,” tandasnya. (mg5)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments