Lain-lain

Hindari Melakukan Hal ini Jika Anda Sering Merasa Lelah Setelah Beraktivitas!

Bagaimana dengan kamu? Merasa lesu setiap saat? Hal ini terjadi saat tubuh kamu lelah dan kelelahan. Apakah kamu merasa tidak enak di siang hari atau mengalami masalah tidur di malam hari? Gejala kelelahan ini bisa menjadi peringatan bagi sejumlah masalah kesehatan.

Siklus tidur tubuh memerlukan ketetapan. Jika kamu lelah secara fisik tapi terpental secara mental saat tidur, hal itu bisa menyebabkan kantuk lagi esok hari. Hal ini akan mendatangkan malapetaka pada semua fungsi tubuh seperti pelepasan hormon, suhu tubuh, kekebalan tubuh dan pengendalian berat badan, dan akan menyebabkan hilangnya energi, konsentrasi rendah, memori buruk dan suasana hati yang buruk.

Nah, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan saat kamu sedang lelah.

Hindari Media Sosial

Jika saat kamu lelah namun berada di media sosial, itu akan membuat kamu terjaga lebih lama, karena cahaya yang datang dari telepon dapat mempengaruhi otak, membuat kamu tidak ingin tidur.

Hindari Mengonsumsi Makanan Junk Food

Bila tubuh Anda kamu lelah dan letih, kamu cenderung memilih makanan berlemak tinggi kalori. Ini bisa jadi tidak sehat dan menyebabkan kenaikan berat badan. Jika kamu ingin memesan makanan cepat saji, carilah makanan yang sehat dan enak juga seperti sayuran kukus dengan nasi ayam atau nasi merah. Ini akan membuat makanan seimbang dan membuat kamu tetap aktif.

Hindari Tidur Siang Terlalu Lama

Tidur siang berjam-jam lebih lama bukanlah ide bagus karena tidur terlalu siang bisa membuat kamu susah tidur di malam hari. Ini akan membuat kamu merasa lelah keesokan harinya. Kamu bisa tidur siang selama 20 sampai 30 menit dan tidak memperpanjang lebih dari itu. Ini akan membuat kamu waspada dan aktif.

Hindari Minum Kopi Banyak dalam Sehari

Meminum beberapa cangkir kopi dalam sehari hanya akan membuat kamu merasa lelah dan lesu. Hal ini menyebabkan tingkat energi kamu turun. Karena saat kamu minum kopi, kafein tetap berada di perut hingga lima jam, jadi jika kamu minum kopi lagi dalam waktu lima jam, akan berdampak pada kemampuan kamu untuk tidur di malam hari.

Jangan Memaksakan untuk Melakukan Gym

Bekerja membutuhkan energi, tapi jika kamu terlalu banyak berolahraga, maka kamu mulai mengalami kelelahan pada otot kamu. Sebagai gantinya, kamu bisa berolahraga lebih ringan seperti berjalan kaki dan bersepeda yang tidak akan menyebabkan kram otot atau cedera. Memberi semua energi untuk gym akan membuat kamu merasa lelah dan lemah setelahnya.

Sumber: Tampilcantik
Editor: Khoirunnisa'(SMK ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments