Lain-lain

Yuk Bersihkan Nikotin Dalam Tubuhmu Secara Alami!

Nikotin adalah stimulan yang kuat yang menghasilkan perasaan euforia pada penggunaan awal, menarik banyak orang untuk masih mengisap satu atau dua isap. Hal negatif yang utama dari nikotin adalah zat tersebut ternyata adiktif. Seiring waktu, perasaan euforia tersebut menjadu suatu hal yang menagihkan yang tak bisa lepas begitu saja dari diri Anda.

Padahal nikotin termasuk zat berbahaya yang dapat merusak kesehatan. Rokok dan kebiasaan merokok dapat membuat Anda rentan terhadap berbagai masalah kesehatan. Namun, menghentikan kebiasaan merokok juga bukan hal yang mudah untuk dilakukan.

Nikotin ditemukan dalam e-rokok serta rokok tradisional, cerutu dan apabila Anda mengunyah tembakau. Karena efek buruk dari nikotin, sebaiknya Anda mulai untuk melakukan beberapa cara berikut untuk menghilangkan nikotin dari tubuh Anda. Berikut ini adalah beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan nikotin dari tubuh Anda, sedikit demi sedikit.

1. Latihan dan olahraga

Jika Anda mencoba untuk detoksifikasi tubuh Anda dari nikotin tetapi tetap tak bisa meninggalkan rokok, Anda harus menyediakan waktu untuk berolahraga. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan tahun 2007 di Addiction menunjukkan efek dari olahraga pada mengidam nikotin. Dan ternyata semua studi menunjukkan hubungan positif antara latihan dan mengurangi keinginan untuk merokok.

2. Berhenti merokok

Menyerah pada kenyataan dan tidak berupaya berhenti merokok akan mendorong hasrat untuk selalu merokok. Dengan bertekat berhenti merokok, Anda akan merasakan manfaat yang luar biasa, salah satunya berkurangnya kadar nikotin dalam tubuh Anda. Tak perlu terburu-buru, perlahan tapi pasti lebih baik Anda terapkan cara tersebut. Oleh karena itu, disarankan, dalam sehari Anda mengurangi jumlah merokok hingga nanti Anda tidak merokok sama sekali.

3. Minum banyak air

Langkah pertama dalam setiap upaya detoksifikasi adalah dengan menambah asupan harian cairan tubuh. Air telah terbukti mempunyai manfaat yang baik untuk detoksifikasi atau membantu membuang racun yang ada dalam tubuh Anda. Jumlah air yang Anda harus konsumsi tergantung pada kesehatan Anda, kondisi iklim, dan seberapa aktif Anda.

Kebanyakan orang harus minum 8 gelas air setiap hari. Salah satu cara utama tubuh Anda membuang keluar nikotin adalah melalui urine, dan diuretik lebih baik dari air itu sendiri. Minum lebih banyak air meningkatkan buang air kecil, sehingga mempercepat penghapusan nikotin.

4. Makan sayuran

Merokok secara bertahap dan perlahan-lahan menghancurkan sistem pencernaan Anda. Ketika Anda mengurangi merokok, sistem pencernaan Anda akan mengambil beberapa waktu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan. Ini mungkin akan mengakibatkan sembelit. Untuk itu Anda harus mengonsumsi sayuran kaya serat untuk mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit.

5. Meningkatkan asupan gizi

Nikotin dikenal untuk meningkatkan metabolisme tubuh saat tubuh beristirahat. Ini berarti bahwa tubuh perokok mengeluarkan lebih banyak energi saat beristirahat daripada biasanya. Hal ini akan mengurangi nafsu makan Anda. Sebuah survei dari 496 remaja perempuan menilai perilaku merokok dan variabel terkait selama periode tiga tahun menunjukkan penurunan berat badan dan indeks massa tubuh (IMB).
Menurut sebuah studi 2005 yang diterbitkan dalam Journal of Adolescent Health itu, kurangnya porsi makan terjadi karena Anda tidak memiliki nafsu makan bisa menghilangkan tubuh Anda dari nutrisi penting dan menyebabkan gula darah Anda menurun.

5. Mengonsumsi elektrolit

Elektrolit adalah mineral penting yang mengangkut air dan nutrisi ke seluruh tubuh dan menjaga cairan-keseimbangan dalam sel. Elektrolit memainkan peran penting dalam menghilangkan semua racun berbahaya dari tubuh, termasuk nikotin.

Nikotin dari asap rokok memainkan peran langsung dalam menurunkan jumlah elektrolit dalam kelompok siswa laki-laki, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan 2012 di Pakistan Journal of Pharmacology. Makan buah-buahan dan sayuran yang kaya elektrolit seperti semangka, seledri, mentimun, kangkung, tomat, apel, kacang hijau, jagung, ubi jalar dan lobak akan membantu detoksifikasi nikotin.

6. Tidur yang cukup

Menurut sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Addiction Biology, perbandingan kualitas tidur dari 1.071 perokok dengan yang dari 1.243 non-perokok menunjukkan bahwa perokok mengalami gangguan tidur secara signifikan lebih dari non-perokok.

Selanjutnya, jangka waktu tidur yang lebih pendek berhubungan positif dengan peningkatan ketergantungan pada nikotin, menurut penelitian yang sama. Untuk mencoba menghindarkan diri dari kebiasaan merokok, Anda harus mulai untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

7. Hindari kopi, gula & alkohol

Kopi, gula dan alkohol juga memiliki sifat adiktif. Anda harus menghindari mereka sementara upaya detoksifikasi nikotin Anda sedang dalam prosesnya, sehingga Anda tidak kecanduan yang lain. Sebab, zat ini sering menjadi “pemicu” bagi perokok untuk kesulitan menghentikan kebiasaan merokok dan dapat memperburuk keadaan.

Nah itu tadi beberapa cara alami untuk menghilangkan nikotin dari tubuh Anda, sedikit demi sedikit. Untuk hidup yang lebih sehat, tidak ada salahnya jika Anda memulainya dari sekarang juga. Selamat mencoba!

Sumber: www.magwuzz.com

Editor: Khofifah SMK ( ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH PEKALONGAN )

Facebook Comments