Lain-lain

Yuk, Kenali Makanan yang Bisa Membersihkan Arteri Secara Alamiah!

Kesehatan jantung sudah semestinya dilindungi. Karena ini menyangkut yang sangat penting untuk dilakukan berapa pun umur kita. Sayangnya, banyak dari kita yang terbiasa dengan pola makan dan gaya hidup yang membahayakan kesehatan jantung. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir. Kalau kamu mulai rajin berolahraga dan mengkonsumsi berbagai makanan yang bisa membersihkan arteri, maka kamu bisa melindungi jantungmu dan menghindari berbagai penyakit yang fatal.

Apa sajakah makanan-makanan yang bisa membersihkan arteri ini?

Biji-bijian utuh

Lemak larut yang terdapat pada biji-biian utuh seperti beras cokelat, roti gandum utuh dan oatmeal mengikat kolesterol di makananmu, membersihkan arteri, dan mengeluarkannya dari tubuhmu. Dan, ketika tubuhmu butuh untuk menggunkaan kolesterol tersebut di masa depan, makanan-makanan ini akan mampu menarik suplai kolesterol di tubuhmu, secara efektif mengurangi level kolesterol total dalam darahmu dan resikomu menderita penyakit jantung. Dan, oatmeal sebenarnya bukan hanya makanan sarapan, kamu bisa menikmatinya di segala waktu makan sepanjang hari dengan berbagai resep yang membuatnya makin sehat dan nikmat.

Alpukat

Penelitian yang dilakukan pada tahun 1996 di Mexico menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi alpukat setiap hari selama seminggu mengalami penurunan total kolesterol dalam darah sebesar 17 persen. Selain itu, level LDL atau kolesterol jahat mereka juga menurun. Sedangkan level HDL atau kolesterol baik jadi meningkat. Jelas ini merupakan makanan ajaib yang bisa membersihkan arteri dari kolesterol jahat yang bisa menyumbat dan menggumpal di pembuluh darahmu serta menyebabkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan stroke.

 

Kacang-kacangan

Almond sangat kaya dengan lemak sehat, vitamin E, dan serat, sedangkan walnut merupakan sebuah sumber asam lemak omega 3 yang sangat baik buat tubuhmu. Level kolesterol jahat dalam tubuhmu akan menurun sehingga kamu bisa mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

Minyak zaitun

Sebuah study telah menemukan fakta, dengan menggunakan minyak zaitun menemukan bahwa mereka mengalami penurunan resiko 41 persen mederita stroke dibandingkan mereka yang tak pernah menggunakan minyak zaitun dalam pola makannya. Gunakanlah sedikit minyak zaitun daripada mentega atau beri sedikit minyak ini pada pasta, salad atau sayuran untuk memanfaatkan lemak sehatnya. Namun, kamu harus ingat bawha semua lemak tetap mengandung jumlah kalori yang sama, jadi jangan banyak-banyak.

Sumber: Tampilcantik
Editor: Khoirunnisa'(SMK ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments