Lain-lain

Tips Rumah Tetap Sejuk Meskipun Sedang Cuaca Panas

Sering menyalakan pendingin ruangan di rumah pada saat siang hari tentu akan membuat tagihan listrik menjadi mahal ya? Kamu bisa membuat rumah tetap sejuk dengan langkah mudah berikut ini!
Indonesia merupakan negara tropis dimana cuaca panas menjadi sebuah hal yang lumrah terjadi. Meskipun begitu, nampaknya masyarakat Indonesia dan mungkin termasuk kamu kurang menyukai cuaca dan suhu yang begitu panas membuat tubuh menjadi mudah gerah dan berkeringat. Tidak jarang diantara kamu mungkin memilih cara praktis untuk menghilangkan hawa panas di rumah yaitu dengan menyalakan pendingin ruangan atau AC di siang hari.

Tapi, tahukah kamu bahwa menyalakan pendingin ruangan di siang hari bisa memicu pemanasan global yang justru dapat membuat cuaca dan suhu bumi akan semakin panas? Selain itu, menggunakan AC di siang hari membuat tagihan listrik juga semakin membengkak. Jangan bingung, karena ada beberapa cara praktis dan sederhana untuk menanggulangi cuaca dan suhu panas di siang hari tanpa menggunakan AC atau pendingin ruangan.

Menata Tempat Tidur Agar Tetap Sejuk

Biasanya mungkin jika kamu bangun tidur tidak memiliki banyak waktu untuk menata ulang dan membersihkan tempat tidur. Padahal, tempat tidur yang berantakan begitu saja dalam waktu lama dapat memicu rasa sejuk menjadi hilang. Maka dari itu, sebelum beraktifitas pastikan kamu menyempatkan waktu untuk merapikan tempat tidur dan rajin mengganti lembaran sprei agar tetap terasa sejuk dan nyaman.

Pastikan Posisi Pintu Selalu Dalam Keadaan Tertutup

Jika kamu ingin menghalangi hawa panas masuk ke dalam rumah, pastikan pintu rumah selalu dalam keadaan tertutup di siang hari agar panas dari luar ruangan tidak masuk begitu saja ke dalam rumah. Oleh sebab itu, kamu harus mengusahakan agar pintu rumah tetap tertutup rapat bahkan ketika kamu sedang pergi bekerja atau sedang bersantai di dalam rumah. Hal ini juga membantu agar debu atau kotoran dari dalam rumah tidak masuk dan tidak mengganggu sirkulasi udara.

Menutup Tirai Jendela

Usahakan jendela dan tirai di dalam rumah selalu dalam keadaan tertutup ketika udara dan cuaca panas di luar rumah sedang menyengat. Tentu saja hal ini perlu dilakukan untuk mencegah masuknya udara dan hawa panas yang berada di luar ruangan ketika di siang hari. Tetapi, jika sudah sore hari cuaca tidak panas lagi seperti di siang hari, kamu boleh membuka jendela dan tirainya untuk mengganti sistem udara di dalam rumah.

Memperbanyak Tanaman Di Sekitar Halaman Rumah

Cobalah kamu mulai rajin menanam atau memperbanyak variasi tanaman yang ada di halaman rumahmu. Tanaman memiliki peran yang cukup penting dan besar untuk membuat sirkulasi udara yang segar dan bersih di sekitar rumah. Apalagi jika kita tinggal di perkotaan yang tingkat polusi udaranya cukup tinggi. Di tempat semacam ini taman dapat berperan sebagai suplai oksigen dan udara bersih yang menyehatkan.

Gunakan Lampu Hemat Energi

Salah satu cara mudah lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menghalau hawa dan suhu panas di dalam rumah adalah dengan menggunakan lampu daya listrik yang kecil dan hemat energi. Dengan menggunakan lampur hemat energi, maka sistem penerangan akan lebih efisien. Selain itu, penggunaan lampu hemat energi tidak akan meninggalkan sisa panas yang banyak di pagi harinya saat dipadamkan sehingga tidak akan menumpuk menjadi panas di dalam rumah dan tentu saja dapat mengurangi emisi CO2 yang memicu perubahan iklim dan pemanasan global.

Itulah beberapa langkah mudah yang bisa kamu terapkan untuk membuat rumah menjadi lebih sejuk tanpa harus mengandalkan pendingin ruangan. Selamat mencoba!

Sumber: kawaiibeautyjapan.com
Editor: Khofifah SMK ( ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH PEKALONGAN )

Facebook Comments