Lain-lain

Wow, Tidur Siang Ternyata Manfaatnya Bagus lho

Bukan cuma bermalas-malasan, rupanya tidur siang sangat bermanfaat bagi kebugaranmu lo.
Siapa di antara kamu yang gemar tidur siang, ladies? Ketika sudah dewasa, waktu tidur siang tentu semakin berkurang bahkan tidak ada sama sekali, ya. Hal ini karena kamu pasti disibukkan oleh segudang aktivitas mulai dari sekolah, kuliah, pekerjaan, atau bisnis. Tetapi, kalau kamu sedang punya waktu luang, jangan lupa untuk tidur siang, ya karena ternyata tidur siang punya banyak manfaat yang akan mengubah hidupmu.

Bukan hanya menambah badan dan pikiran semakin rileks, tidur siang juga dapat memberikan banyak manfaatmu. Yuk, simak manfaat tidur siang yang berguna untuk tubuhmu.

Meminimalkan Risiko Stres

Cara mengatasi stres yang paling mudah, murah, dan cepat adalah tidur siang. National Sleep Foundation menyarankan semua orang untuk memiliki waktu tidur siang setiap hari. Meskipun tidak benar-benar tertidur dalam waktu yang lama, istirahat di kasur nyaman beberapa saat rupanya cukup ampuh meredakan stres yang kamu alami.

Meningkatkan Memori dan Kemampuan Belajar

Rapid Eye Movement (REM) yang terjadi selama tidur siang rupanya erat kaitannya dengan fungsi kognitif otak. Sehingga tidak mengherankan jika tidur siang dalam waktu singkat mampu meningkatkan memori dan kemampuan belajar. Tidak perlu tidur siang terlalu lama hingga 1 atau 1,5 jam karena tidur siang terlalu lama justru berisiko membuatmu jadi merasa lelah ketika bangun.

Memunculkan Ide Kreatif

Apakah kamu pernah bangun dari tidur siang kemudian menemukan solusi tentang masalah yang sedang kamu hadapi? Hal ini terdengar menakjubkan, ya. Faktanya, para peneliti pun mengakui bahwa tidur siang mampu membuat ide kreatif bermunculan. Aktivitas otak kanan setelah tidur siang menjadi lebih tinggi dibandingkan jika kamu tidak tidur siang. Salah satu bagian otak kanan yang paling aktif setelah tidur siang merupakan bagian yang mengatur kreativitas. So, tingkatkan kreativitasmu dengan cara tidur siang, yuk.

Memacu Produktivitas yang Lebih Baik

Semua orang tentu ingin bekerja secara produktif. Sayangnya, semangat yang menurun dan tubuh letih kerap jadi penghalang produktivitas. Para pekerja yang sudah lelah dan bosan patut menyegarkan diri dengan tidur siang sejenak. Supaya ketika bangun, tubuh dan pikiran terasa lebih segar dan siap bekerja kembali.

Kewaspadaan Juga akan Meningkat

NASA pernah melakukan sebuah studi tentang pengaruh tidur siang terhadap tingkat kewaspadaan. Hasilnya, pilot yang tidur siang selama 40 menit terbukti lebih waspada daripada pilot yang tidak tidur siang. Bahkan penelitian lain yang dilakukan Harvard Men’s Health Watch menyebutkan bahwa durasi tidur siang selama 10 sampai 20 menit terbukti membuat pekerja shift merasa lebih bahagia dan waspada.

Mulai sekarang kamu pasti tak akan lalai tidur siang jika punya waktu senggang, ya. Cukup 20 hingga 30 menit tidur siang untuk tubuh bugar dan mood yang kembali membaik. Yuk, beraktivitas kembali setelah puas tidur siang!

Sumber: kawaiibeautyjapan.com

Editor: Khofifah SMK ( ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH PEKALONGAN )

Facebook Comments