Lain-lain

3 Manfaat Kesehatan yang Didapat dari Sarang Burung Walet, Penasaran?

Sudah lama, sarang burung walet diolah menjadi makanan eksotis yang memiliki harga jual yang tinggi. Tak hanya rasanya yang lezat, sarang walet ternyata juga memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat sarang burung walet untuk kesehatan? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Burung walet membuat sarang untuk tempat bertelur dari air liurnya yang mengeras. Liur burung walet berguna untuk merekatkan sarang ke langit-langit gua atau tempat di mana burung tinggal. Liur burung walet terbuat dari protein, yang kaya akan kandungan kalsium, zat besi, kalium, and magnesium. Itu sebabnya banyak orang yang mengganggap bahwa sarang burung walet bermanfaat bagi kesehatan.

Ilmu pengobatan Cina percaya bahwa memakan sarang burung walet dapat menangkal penuaan, melawan kanker, hingga meningkatkan konsentrasi. Namun di samping itu, masih banyak manfaat sarang burung walet lainnya lain yang sayang untuk dilewatkan.

1. Sumber mineral yang baik

Manfaat sarang burung walet diperkaya akan berbagai mineral yang diperlukan tubuh, di antaranya mineral mangan, tembaga, serta seng yang berfungsi untuk meningkatkan kerja memori dan saraf; serta kromium untuk membantu penyerapan nutrisi di usus.

Selain itu, saarang burung walet mengandung kalsium, zat besi, kalium, serta magnesium yang sangat banyak. Fungsi dari masing-masing mineral ini sangat penting bagi tubuh untuk membentuk sistem kekebalan alami serta membantu melawan peradangan.

2. Mengandung asam amino penting

Liur untuk membuat sarang terbuat dari protein khusus yang terbuat dari berbagai macam asam amino, di bawah ini
Asam aspartat dan prolin yang berguna untuk regenerasi sel
Sistein dan fenilalanin, untuk meningkatkan kerja memori, kerja impuls saraf, dan kerja penyerapan vitamin D dari sinar matahari. Tirosin, untuk mempercepat pemulihan setelah sakit. Glukosamin, untuk membantu proses pemulihan tulang rawan
Beberapa di antaranya merupakan asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus diperoleh dari sumber makanan. Sup sarang burung walet menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan asam amino Anda.

Selain asam amino, sarang walet juga menyimpan glikoprotein, jenis protein yang lebih mudah larut, serta kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibanding kandungan dalam sup ayam dan ikan.

 

3. Mencegah resistensi insulin

Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi rutin dari sarang walet dapat mencegah terjadinya resistensi insulin pada orang-orang yang memiliki pola makan tinggi lemak. Kandungan dalam sarang walet mencegah metabolisme tubuh memburuk sekaligus mencegah otak melepaskan sinyal untuk memperbanyak produksi insulin sebagai respon asupan lemak yang berlebihan.

Meskipun penelitian ini hanya diujicobakan pada tikus, namun tidak menutup kemungkinan akan memiliki hasil yang serupa bila dikonsumsi oleh manusia.

Sumber: helloSehat
Editor: Khoirunnisa'(SMK ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments