Lain-lain

Ingin Rambutmu Di Semir? Ini dia Bahan Alami Pewarna Rambut

Ternyata kamu bisa mewarnai rambut kamu tanpa bahan kimia sama sekali lho!
Bagi kamu yang ingin mencoba untuk bernampilan baru, mengubah warna rambut bisa menjadi pilihan yang paling mudah. Mewarnai rambut memang bisa membuat rambut menjadi kering dan rusak jika dilakukan dengan tidak hati-hati. Untuk itu, sangat penting untuk selalu melakukan perawatan rambut sebelum dan sesudah mewarnai rambut. Jika kamu takut rambut semakin rusak karena bahan kimia dari bahan pewarna rambut, kamu bisa menggunakan bahan alami lho. Bahan alami apa saja itu? Yuk, simak!

Selain aman untuk rambut, bahan alami ini juga aman untuk lingkungan.

1. Henna

Ketika daun henna dicampur dengan cairan asam seperti cuka atau lemon jus, maka akan menjadi pasta dan bisa berguna untuk mewarnai rambut menjadi kemerahan. Namun, karena beberapa pewarna henna yang dijual di pasaran dicampur dengan bahan alami sepeti indigo, maka henna dapat membuat warna menjadi lebih terang. Ketika kamu menggunakan henna pun kamu perlu menutupi rambut kamu dengan menggunakan plastik, lalu bilas dengan menggunakan sampo atau conditioner, lalu kamu bisa mengaplikasikannya lagi dalam waktu 4-6 bulan.

2. Jus Lemon

Jika henna bisa membuat rambut kamu menjadi kemerahan, jus lemon adalah pilihan yang bagus untuk membuat rambut menjadi lebih terang. Kamu bisa menggunakan botol spray untuk menaruhnya. Semprotkan jus tersebut ke bagian yang ingin kamu higlight. Lemon ini harus dihangatkan untuk mengaktifkan zat untuk mencerahkan rambutnya. Highlight dengan menggunakan jus lemon membutuhkan beberapa kali proses, sehingga kamu harus sabar untuk mengaplikasikan setidaknya dua sampai tiga kali untuk hasil yang memuaskan. Namun, semakin sering kamu menggunakannya, semakin terlihat highlight yang dihasilkan.

Hal yang perlu diperhatikan jika kamu menggunakan jus lemon untuk mencerahkan rambut, gunakan minyak zaitun atau minyak kelapa agar tidak membuat rambut kamu kering, karena jus lemon mengandung asam.

3. Madu

Mengoleskan madu ke seluruh rambut memang nampak lengket, namun madu mentah sangat efektif untuk mencerahkan rambut. Hal ini karena ketika dicairkan, madu mengadung hydrogen peroxide. Namun, kamu perlu benar-benar menggunakan madu alami untuk melakukan hal ini. Aplikasikan ke seluruh rambut dengan air atau dengan menggunakan conditioner kamu. Biarkan selama dua sampai tiga jam sebelum membilasnya dengan bersih. Lalu, bagian rambut kamu pun akan terlihat lebih cerah.

4. Kayu Manis

Kayu manis adalah bahan alami untuk mencerahkan warna rambut. Untuk metode ini, coba tambahkan dua sampai tiga sendok conditioner, lalu aplikasikan ke rambut kamu, dan biarkan selama setidaknya 4 jam. Untuk hasil terbaik, coba gunakan shower cap dan biarkan meresap semalaman. Cara ini membutuhkan beberapa kali pemakaian untuk berhasil, terutama jika rambut kamu berwarna gelap. Namun, rambut kamu pun bisa menjadi wangi lho setelahnya!

5. Chamomile

Chamomile dapat membuat warna rambut menjadi lebih terang secara natural. Kamu bisa menggunakan botol semprot juga untuk mengaplikasikannya. Mulailah dengan menghangatkan chamomile tea. Untuk membuat warnanya menjadi lebih tua, coba gunakan beberapa bungkus chamomile, lalu semprotkanlah ke bagian yang ingin kamu terangkan. Sinari dengan sinar matahari untuk beberapa saat, lalu warnanya pun akan keluar secara alami.

Sumber: kawaiibeautyjapan.com

Editor: Khofifah SMK ( ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH PEKALONGAN )

Facebook Comments