Lain-lain

5 Tips Mudah dan Efektif untuk Mengurangi Nafsu Makan

Rasa lapar, sudah menjadi sensasi rasa yang dirasakan saat seseorang berada dalam keadaan memerlukan makanan. Rasa lapar tidak dapat diduga datangnya dan bisa menyerang kapanpun dan dimanapun. Jika kamu lapar, perutmu akan mengirimkan sinyal ke otak dalam bentuk seperti mengeram.

Kemudian saat kamu tidak dapat menaklukan nafsu makan, maka nafsu ini otomatis akan menguasaimu. Hasilnya kamu akan menjadi gila makan dan berdampak pada kenaikan berat badan ketika tidak dibarengi dengan aktivitas fisik yang memadai. Berikut adalah cara paling mudah untuk menaklukan nafsu makan yang mulai menggila seperti dilansir dari boldsky.com.

1. Tingkatkan kualitas pernapasan

Bernapas bisa menjadi kunci bagi kamu untuk mengendalikan nafsu makan. Hal ini terjadi karena kualitas oksigen serta pernapasan bisa menyehatkan sel tubuh yang mampu menjaga nafsu makan.

2. Makan buah

Riset telah menjelaskan bahwa mereka yang suka mengonsumsi buah cenderung bisa menahan rasa laparnya dengan baik daripada yang tidak. Sebab fruktosa dalam buah mampu mengisi glikogen hati yang membantu mengurangi rasa lapar.

3. Makan banyak protein tanpa lemak

Protein baik untuk kesehatan otot dan berguna untuk mengendalikan nafsu makan. Pilihlah protein yang mengandung sedikit lemak agar kamu terhindar dari kolesterol tinggi.

4. Alihkan perhatian

Mengalihkan perhatian dan pikiran dari rasa lapar. Cara ini bisa berhasil sebab kamu tidak akan lagi memikirkan makanan secara terus-menerus. Oleh karena itu setiap kali kamu merasa lapar, cobalah untuk memikirkan hal lain.

5. Jangan menjalankan diet ketat

Perilaku diet ketat akan membuat kamu seakan balas dendam untuk mengonsumsi makanan yang tidak boleh kamu konsumsi saat diet. Sehingga jalankan diet secara wajar sehingga tubuh pun tetap sehat.

Sumber: Merdeka.com
Editor: Khoirunnisa'(SMK ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments