Lain-lain

Mau Tahu Penyebab Sering Buang Air Kecil di Malam hari?

Meminum air satu gelas atau lebih tidaklah menjadi faktor utama Anda harus terjaga di malam hari dan pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil. Benar, paradigma tersebut sering dikaitkan bahwa sebelum tidur meminum segelas air putih dapat membuat Anda ingin membuang air kecil pada waktu malamnya.

Namun sebuah study yang dilakukan oleh tim dari Jepang menjelaskan hal yang berbeda. Kebiasan atau keinginan untuk buang air kecil di malam hari lebih disebabkan oleh faktor gen.

Setiap manusia mempunyai circadian rhythm yang berbeda-beda. Menurut En.Wikipedia.org, circadian rhythm merupakan suatu proses biologis yang akan muncul secara spontan selama 24 jam. Seperti yang dituliskan dalam Youbeauty.com, kebiasaan buang air kecil di malam hari juga disebabkan oleh sebuah sel yang mengatur proses urination.

Di dalam sel tersebut menyimpan sebuah protein yang dinamakan Cx43. Protein ini dikontrol secara langsung oleh gen yang dimiliki setiap manusia. Apabila seseorang yang mempunyai tingkat Cx43 yang rendah, maka kebiasaan buang air kecil di malam hari akan lebih sering daripada orang yang mempunyai protein Cx43 normal.

Pada balita, protein ini masih dalam tahap pembentukan yang mengakibatkan kebanyakan balita akan mengalami fase buang air kecil ketika tidur atau biasa disebut ngompol. So, pemikiran meminum banyak atau sedikit air sebelum tidur menyebabkan seseorang terjaga di malam hari karena keinginan untuk buang air kecil dapat dikatakan kurang tepat.

Sumber: Merdeka.com
Editor: Khoirunnisa'(SMK ISHTHIFAIYAH NAHDLIYAH KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments